Elektromiografi – Skrining Otot Nyeri, Kesemutan, dan Kelumpuhan

Elektromiografi – Skrining Otot Nyeri, Kesemutan, dan Kelumpuhan

06 September 2024

Elektromiografi (EMG) adalah sebuah alat diagnostik untuk mengukur respon otot melalui stimulasi saraf otot. EMG digunakan untuk mengenali kelainan dari otot dan aktivitas listrik dari saraf yang mempersarafinya. Pemeriksaan EMG ditujukan kepada pasien yang memiliki keluhan seperti :

  1. Kesemutan
  2. Nyeri otot
  3. Kelemahan otot
  4. Kelumpuhan
  5. Gerakan involunter otot (kedutan)

Prosedur Pemeriksaan Elektromiografi

Prosedur ini biasanya membutuhkan waktu 30 – 60 menit. Prosedur ini bisa dilakukan melalui kulit permukaan dari otot atau di dalam otot itu (intramuskular) tersebut. Berikut adalah gambaran prosedur pemeriksaan EMG :

  • Pasien akan diminta melepaskan dan mengeluarkan benda logam, karena dapat memengaruhi hasil pemeriksaan.
  • Pasien akan diminta berbaring atau duduk menyesuaikan lokasi otot yang akan diperiksa.
  • Bagian permukaan kulit dari otot yang akan diperiksa akan dibersihkan, serta memotong rambut-rambut halus yang bisa memengaruhi hasil pemeriksaan.
  • Pasien akan ditempelkan elektroda pada area otot yang akan diperiksa.
  • Dokter akan mengarahkan pasien untuk melakukan beberapa gerakan otot untuk memeriksa aktivitas listrik pada otot kondisi kontraksi dan beristirahat.
  • Mesin EMG akan merekam aktivitas saraf pada otot dan akan ditampilkan pada layar monitor berupa grafik.
  • Dokter akan melepaskan elektroda secara perlahan dan menganalisa hasil dari EMG tersebut

Efek Samping

EMG merupakan prosedur yang aman dan jarang menimbulkan efek samping. Namun pada sebagian kecil pasien yang menjalani prosedur ini dengan metode EMG intramuskular dapat muncul efek samping seperti :

  • Kesemutan
  • Nyeri
  • Bengkak

Metode EMG dengan elektroda di permukaan kulit pada beberapa orang bisa muncul efek samping reaksi alergi terhadap elektroda itu sendiri

Demikian penjelasan singkat mengenai Elektromiografi, segera lakukan pemeriksaan Elektromiografi!

Untuk Sahabat Permata yang sering mengeluhkan kesemutan, nyeri otot atau kelumpuhan pada anggota gerak, yuk segera konsultasikan dengan Dokter Spesialis Saraf di Rumah Sakit Permata Mufidah Grup dan melakukan pemeriksaan elektromiografi!

Sumber : Mondelli M, Aretini A, Greco G. Knowledge of electromyography (EMG) in patients undergoing EMG examinations. Funct Neurol. 2014 Jul-Sep;29(3):195-200. PMID: 25473740; PMCID: PMC4264787.

 

dr. Yonathan Andrian, Sp.S
Dokter Spesialis Saraf


Scaling Gigi – Pembersihan Karang/Plak Gigi

18 September 2024

Scaling adalah prosedur membersihkan karang gigi atau plak gigi. Prosedur ini dapat dilakukan secara rutin untuk menghindari terjadinya peradangan pada gusi yang disebabkan oleh plak gigi. Plak gigi merupakan sebuah lapisan pada permukaan gigi yang berisikan kumpulan mikroorganisme. Makanan tinggi karbohidrat dan kurangnya aliran air liur menjadi faktor pendukung terbentuknya plak gigi.

Read more

Perawatan Well Baby – Perawatan Bayi Baru Lahir

18 September 2024

Bayi Baru Lahir (BBL) adalah bayi yang baru saja lahir usia 0-28 hari. BBL tetap perlu dilakukan perawatan sehari-harinya di rumah. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ada beberapa hal perawatan yang dapat dilakukan di rumah, sebagai berikut.

Read more

Pap Smear – Prosedur Deteksi Kanker Serviks

07 September 2024

Pap smear adalah suatu prosedur diagnostik untuk skrining kanker serviks atau kanker leher rahim pada wanita. Pap smear baik untuk dilakukan, karena seandainya terdeteksi adanya kanker serviks, bisa secepatnya dilakukan pengobatan sehingga peluang untuk sembuh lebih besar.

Read more