Panduan Rawat Inap

PANDUAN RAWAT INAP

 

DAFTAR ISI

  1. ADMINISTRASI PEMBAYARAN
  2. FASILITAS KAMAR
  3. TATA TERTIB
  4. INFORMASI KHUSUS PASIEN KEBIDANAN
  5. PROSEDUR PEMINDAHAN DAN PEMULANGAN PASIEN RAWAT INAP
  6. KETENTUAN MENUNGGU PASIEN
  7. KETENTUAN RUANG TUNGGU ICU, HCU, DAN KAMAR OPERASI
  8. LAIN-LAIN
  9. PARKIR
  10. FASILITAS UMUM
  11. FASILITAS PELANGGAN
  12. PENUTUP

 

1. ADMINISTRASI PASIEN RAWAT INAP

PEMBAYARAN DENGAN JAMINAN ASURANSI / PERUSAHAAN

  • Berlaku bagi asuransi / perusahaan yang telah menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit Permata Depok
  • Persyaratan administrasi harus dilengkapi dalam waktu 1 x 24 jam hari kerja, antara lain dengan menunjukan kartu peserta asuransi, atau jaminan perusahaan, tanda pengenal berfoto, surat jaminan, dll
  • Pasien/penanggung jawab dimohon untuk menandatangani surat pernyataan yang tersedia.

PEMBAYARAN PRIBADI / UMUM

  • Pasien rawat inap dimohon untuk memberikan deposit awal pada saat pendaftaran rawat inap di bagian Front Office (FO) dengan ketentuan sebagai berikut :
  1. Pasien Rawat Inap kamar biasa: memberikan deposit awal sebesar 10x dari harga kamar.
  2. Pasien persiapan operasi/persalinan/tindakan: memberikan deposit awal sebesar 100% dari estimasi  yang telah di informasikan.
  3. Pasien Rawat Intensif (ICU/HCU/NICU/PICU): memberikan deposit awal sebesar  20.000.000 rupiah.
  • Saat selesai perawatan, pasien harus membayar sisa jumlah tagihan dikurangi dengan deposit yang sudah dibayarkan oleh pasien sebelumnya.
  • Pembayaran dapat dilakukan secara tunai (cash), debit atau kartu kredit.

PERINCIAN BIAYA SEMENTARA

  • Untuk mengetahui biaya dalam perincian sementara dapat menghubungi bagian kasir
  • Apabila biaya perawatan telah melampaui jaminan yang diberikan, maka bagian kasir akan menginformasikan secara berkala kepada keluarga pasien untuk penyelesaian secara bertahap dengan penambahan deposit kembali (redeposit).
  • Seandainya setelah pemberitahuan, penambahan uang jaminan belum dapat dilakukan sebagaimana mestinya, maka resep obat dan pemeriksaan penunjang mohon diselesaikan secara tunai.
  • Dengan tujuan mengurangi beban biaya perawatan, bilamana diperlukan dengan sangat terpaksa pasien akan dipindahkan ke kelas dengan tarif terendah.

 

2. FASILITAS KAMAR

Kami memiliki pilihan kamar perawatan dengan tarif yang sudah termasuk makan sesuai diet pasien.

VVIP (Presidental Room ) Rp. 1.500.000

· 1 Tempat tidur + lemari sudut

· 3 Kali makan @ 2 porsi, 2 kali snack pagi/sore.

· 1 Toilet + shower

· 1 Sofa + meja,kursi, credensa, partisi.

· 1 TV + TV kabel, 1 kulkas bar, AC,

· Koran, komplimen minuman dan buah

 

VIP ( Suite Room ) Rp. 880.000

· 1 Tempat tidur + lemari sudut

· 3 Kali makan @ 1 porsi, 2 kali snack.

· 1 Toilet + shower

· 1 Sofa + meja,kursi, credensa, partisi.

· 1 TV + TV kabel, 1 kulkas bar, AC,

· Koran, komplimen minuman dan buah

 

KELAS 1 ( Deluxe ) Rp. 550.000

· 3 Tempat tidur + 3 lemari sudut

· 3 Kali makan @ 1 porsi, 2 kali snack.

· 1 Toilet + shower

· 1 TV + TV kabel, AC.

 

KELAS 2 ( Superior ) Rp. 330.000

· 4 Tempat tidur + 4 lemari sudut

· 3 Kali makan @ 1 porsi, 2 kali snack.

· 1 Toilet + shower

· 1 TV color, AC.

 

KELAS 3 ( Standar ) Rp. 165.000

· 5 Tempat tidur + 5 lemari sudut

· 3 Kali makan @ 1 porsi, 2 kali snack.

· 1 Toilet + shower, AC

 

ISOLASI Rp. 700.000

· 1 Tempat tidur + lemari sudut

· 3 Kali makan @ 1 porsi, 2 kali snack pagi/sore.

· 1 Toilet + shower.

· 1 TV kabel ,AC.

 

Ruangan Bayi

Tersedia juga ruang untuk bayi sehat.

 

Kamar Perawatan Khusus

Bagi pasien dengan diagnosa penyakit/kasus tertentu yang memerlukan perawatan khusus, kami menyediakan :

 

INTENSIVE ROOM

ICU

HCU

NICU

PICU

Perinatologi

 

Perlengkapan Pasien Rawat Inap

  • Khusus bagi pasien kelas 1, VIP & VVIP mengenakan pakaian pasien dan untuk seluruh pasien mengenakan gelang khusus untuk pasien yang disediakan Rumah Sakit Permata Depok.
  • Pasien diharapkan membawa perlengkapan pribadi seperti sikat gigi, pasta gigi, sabun, pakaian dalam secukupnya (terkecuali pasein VIP&VVIP) dan untuk menyimpannya disediakan lemari kecil.
  • Rumah Sakit Permata Depok menyediakan perlengkapan baju bayi untuk semua pasien, termos air panas sesuai permintaan, dan 2 botol air mineral setiap hari nya.

 

3. TATA TERTIB

  • Tidak diperkenankan membawa peralatan elektronik dan barang berharga lainnya. Pihak rumah sakit tidak bertanggung jawab atas kehilangan barang bawaan pasien seperti perhiasan, handphone, radio/Walkman, uang, laptop dsb, begitu pula tidak diperkenankan membawa barang berbahaya seperti senjata api, pisau, gunting dan obat-obatan terlarang.
  • Bagi penunggu yang menginap bersama pasien (1 orang tiap pasien) setelah jam besuk berakhir dilarang keluar masuk ruang perawatan dan ruang perawatan akan dikunci pada pukul 22.00 wib.
  • Penunggu pasien wajib menggunakan nametagyang telah disediakan, dan nametag tersebut harap ditunjukkan kepada security yang menjaga pintu masuk ruang perawatan.
  • Tidak dibenarkan membawa:

Perlengkapan tidur (tikar,kasur,karpet,dll)

Peralatan elektronik (computer, VCD,dll)

Makanan di dalam kamar dan ruang tunggu ICU, demi kebersihan dan kesehatan

  • Seluruh keluarga mohon selalu menjaga ketenangan agar tidak mengganggu pasien dan penunggu yang lain.
  • Bagi pasien yang dirawat di ruang ICU/HCU/PICU/NICU dan operasi, disediakan ruang tunggu khusus.( Jam Kunjungan 10.00 – 12.00 hanya untuk orangtua/suami/istri/anak)
  • Jam Kunjungan pasien rawat inap (kecuali VIP dan VVIP):

Pagi : pukul 11.00 – 12.00

Sore : pukul 17.00 – 18.00

 

Bel Panggilan

Bila membutuhkan bantuan perawatan, pasien dapat memanggil perawat yang bertugas setiap saat dengan menekan bel yang tersedia disamping tempat tidur.

 

Pesawat Telepon

Sementara ini kami hanya menyediakan pesawat telepon dikamar perawatan VIP dan VVIP.

Untuk sambungan local, interlokal maupun international dapat menghubungi telepon operator  dengan menekan angka 0 (nol) dan seluruh biaya percakapan akan dibebankan ke rekening pasien.

 

Makanan dan Gizi

  • Kami menyediakan makan pagi, makan siang dan makan malam serta makan ringan pagi dan sore bagi seluruh pasien yang dirawat.
  • Pasien disediakan menu makanan oleh petugas gizi dan disesuaikan dengan keadaan penyakit serta instruksi dokter : Bagi pasien VIP dan VVIP dapat memilih menu makanan pagi, makan siang dan makan malam.
  • Khusus VVIP, penunggu pasien juga mendapatkan makan pagi, makan siang dan makan malam.
  • Penunggu pasien dapat memesan pelayanan room servicedengan menghubungi ext. 163

 

 

4. INFORMASI KHUSUS PASIEN KEBIDANAN

 

Persiapan Pasien Melahirkan

  • Pasien membawa pakaian dalam termasuk gurita ibu dan perlengkapan mandi.
  • Perlengkapan bayi yang dapat dibawa saat bayi akan pulang
  • Khusus pasien yang akan segera melahirkan dapat langsung masuk menuju kamar bersalin diruang VK lantai 2, kemudian keluarga harus mengurus administrasi rawat inap di bagian pendaftaran / front office( FO )
  • Pasien yang akan melahirkan dengan rencana / operasi dapat mendaftar melalui bagian pendaftaran / front office ( FO )
  • Pasien kebidanan / hamil disertai dengan kasus penyakit dalam ( panas,diare,pendarahan,dll ) harus melalui Unit Gawat Darurat terlebih dahulu, untuk kemudian keluarga dapat mengurus administrasi rawat inap.

 

5. PROSEDUR PEMINDAHAN DAN PEMULANGAN PASIEN RAWAT INAP

Pemindahan

  • Bagi pasien yang hendak pindah kelas/kamar rawat dapat menghubungi perawat ruangan tempatnya dirawat dan mendapatkan Surat Mutasi Kamar dari perawat ruangan.
  • Pihak pasien dapat menghubungi bagian Pendaftaran/Front Office( FO ) dengan membawa Surat Mutasi  Kamar dari perawatan untuk mendapatkan penjelasan yang diperlukan dan kemudian dilakukan pemindahan.
  • Perubahan kelas rawat bagi pasien dengan tindakan/operasi, biaya akan mengikuti tarif kelas tertinggi selama rawat.
  • Pemindahan pasien dari ruang rawat inap biasa ke ruang intensif (ICU/HCU/NICU/PICU) ataupun dilakukan tindakan/operasi di mohon untuk menambahkan deposit kembali (redeposit) ke bagian kasir sesuai dengan penjelasan dan ketentuan yang berlaku.

 

Pemulangan

  • Setelah pasien dinyatakan boleh pulang oleh dokter yang merawat, pasien akan mendapat surat keterangan dari ruangan keperawatan yang kemudian dipergunakan untuk menyelesaikan administrasi di bagian kasir.
  • Untuk administrasi pemulangan pasien jaminan asuransi, membutuhkan waktu kurang lebih 2 (dua) jam (lebih lama dari pasien pribadi/umum) dan bagian kasir akan menginformasikan ke perawat ruangan apabila proses telah selesai.
  • Bukti pelunasan diserahkan pada perawat ruangan untuk segera dipersiapkan : bukti perawatan, surat dokter, surat kontrol,obat-obatan, hasil penunjang dll.
  • Akhir penggunaan kamar ( check out time) pukul 12.00 tanpa makan siang.
  • Bagi pasien yang pulang setelah jam 12 siang dikenakan biaya tambahan sebagai berikut : Penggunaan kamar perawatan s/d 12 jam, dikenakan biaya kamar 1/2 harga.
  • Demi ketertiban dan kelancaran, diharapkan mengikuti/mematuhi ketentuan yang berlaku di rumah sakit.

 

6. KETENTUAN MENUNGGU PASIEN

 

  • Kami menyediakan 1 buah KARTU PENUNGGU PASIENyang berlaku untuk 1 orang bagi pasien yang perlu ditunggu dan khusus pasien kelas 1,2 dan 3  dimohon dikembalikan pada saat check out dibagian kasir (apabila KARTU hilang, akan dikenakan charge sebesar Rp 20.000).

 

7. KETENTUAN RUANG TUNGGU ICU,HCU,NICU,PICU

 

  • Ruang tunggu hanya diperuntukan bagi keluarga pasien ICU,HCU,NICU,PICU
  • Anak-anak dibawah umur 12 tahun tidak diperbolehkan berada diruang tunggu ICU
  • Jumlah penunggu yang menginap maksimal 1orang ( dilengkapi 1 kartu tunggu ), jika pun tidak ditunggu meninggallkan nomor kontak yang bisa dihubungi sewaktu-waktu.
  • Demi kesehatan dan kepentingan bersama, mohon selalu menjaga kebersihan dan ketertiban.

 

8. LAIN-LAIN

  • Penjelasan tentang keadaan pasien hanya dapat diberikan oleh dokter dan tidak melalui telepon.
    • Dokter ruangan atau DPJP
    • Penjelasan saat visitatau bisa via telfon jika perlu
  • Tidak diperkenankan untuk merokok dilingkungan Rumah Sakit Permata Depok, didalam maupun diluar ruangan demi kesehatan. (Sesuai pasal 29 ayat 1 huruf (t) UU No. 44/2009 tentang rumah sakit ).

 

9. PARKIR

  • Untuk kenyamanan dan kemudahan Anda, kami menyediakan sarana parkir yang berada di halaman gedung dan area basement RS PERMATA DEPOK.
  • Demi keamanan, mohon untuk tidak meninggalkan barang berharga serta karcis parkir di dalam mobil dan pastikan kendaraan dalam keadaan terkunci dengan aman saat ditinggalkan.
  • Setiap pasien rawat inap kami sediakan Free Parking (GRATIS) bagi 1 kendaraan

 

10. FASILITAS UMUM

  • ATM : Terletak di lobby Utama Lantai 1 gedung RS PERMATA DEPOK.

 

  • CAFÉ :  Menyajikan beragam makanan utama, makanan ringan, minuman, dll.

   Cafetaria terletak di lantai 1 gedung utama RS PERMATA DEPOK. 

  • Aturan pemesanan Reguler: Telp ke ext 163, sampaikan jenis menu yang diinginkan. Pesanan akan diantarkan ke ruang rawat inap.
  • Aturan pemesanan Benefit Asuransi: Telp ke ext 170 dengan menyebutkan “Service makan keluarga  pasien  dari Asuransi” selain itu keluarga pasien juga dipersilahkan untuk membeli snack di Cafe lobi 1 dengan ketentuan budget dari Asuransi yang berlaku.
  • Masjid : Terletak di lantai basement dekat area parkir bawah RS PERMATA DEPOK.

 

11. FASILITAS PELANGGAN

  • Petugas Customer Relationkami akan membantu memberikan informasi mengenai layanan dan fasilitas RS PERMATA DEPOK antara lain :
    • Klinik Kesuburan
    • Klinik Laktasi
    • Klinik Tumbuh Kembang
    • Hemodialisa
    • MCU
    • Trauma Centre
    • Klinik Endoskopi
    • Katering Permata Sehat
    • Senam Sehat
    • Meet The Doctor
    • PMC (Permata Moms Club)
    • Shuttle Car : untuk penjemputan melahirkan
  • Kami selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan kami. Apabila Anda memiliki saran maupun keluhan yang perlu disampaikan demi perbaikan dan pengembangan RS PERMATA DEPOK, kami persilahkan untuk mengisi angket yang tersedia pada di bagian kasir (saat penyelesaian administrasi) atau menghubungi Customer Relationdi ext. 190 pada jam kerja.

 

12. PENUTUP

Ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu, yaitu pada keadaan khusus seperti wabah, renovasi dan kondisi lainnya.

OUR DOCTORS

dr. Agus Atmoko, SPAN

Dokter Anestesi

dr. Agus Maruli, SpOT

Dokter Orthopaedi

dr. Alfiben, SpOG

Dokter Kandungan

dr. Aries Alpendri, SpU

Dokter Urologi

dr. Arif Endang, SpOG

Dokter Kandungan

dr. Basuki Adam, SpOT

Dokter Orthopaedi

dr. Dalri Nur Fidina, SpOG

Dokter Kandungan

dr. Detrianae, SpJP

Dokter Jantung dan Pembuluh Darah

dr. Dewi Prabarini, SpOG

Dokter Kandungan

dr. Diah Eka, SpM

Dokter Mata

dr. Diana Papayungan, SpKJ

Dokter Kejiwaan

dr. Djoko Wiyono, SpKJ

Dokter Kejiwaan

dr. Dwi Rochmawati, SpPD

Dokter Penyakit Dalam

dr. Evi Rachmawati N.H, SpkFR

Dokter Rehab Medik

dr. Fitrinilla Alresna, SpPD

Dokter Penyakit Dalam

dr. Fitriyani, SpGK

Dokter Gizi

dr. Galih Manggala M, SpKK

Dokter Kulit & Kelamin

dr. Hadisono, SpP

Dokter Paru

dr. Hans Christian. SPKJ

Dokter Kejiwaan

dr. Hendrivand, SpOG

Dokter Kandungan

dr. Hikmah Amayanti Adil, SpKFR

Dokter Rehab Medik

dr. Miradz Hudaya, SpB

Dokter Bedah

dr. Muthia

Dokter Konselor Laktasi

dr. Nadia Nindita, SpRad

Dokter Radiologi

dr. Nisa Uswatun Karimah

Dokter Konselor Laktasi

dr. Novita Adelina

Dokter Konselor Laktasi

dr. Nuria

Dokter Konselor Laktasi

dr. Okky Nafiriana

Dokter Konselor Laktasi

dr. Rabiah Hadarie, IBCLC

Dokter Akupunktur

dr. Regia Puspa Astari, CIMI

Dokter Konselor Laktasi

dr. Shane Tuty Cornish

Dokter Konselor Laktasi

dr. Winda Nizarwan, SpOG

Dokter Kandungan

dr. Winda Permata Bastian, SpPD

Dokter Penyakit Dalam

dr. Yacob Alexander H Marpaung, SpPD

Dokter Penyakit Dalam

dr. Yudi Fadila, SpJP

Dokter Jantung dan Pembuluh Darah

drg. Bonang, SpOrth

Dokter Gigi

drg. Fx Andi Sp Perio

Dokter Gigi

drg. Galuh Pratiwi

Dokter Gigi

drg. Mieke, SpBM

Dokter Gigi

drg. Nuriawati

Dokter Gigi

Lenny Utama A, M.Psi

Dokter Psikologi