Yuk kenali jenis stroke

Yuk kenali jenis stroke "Perdarahan vs Penyumbatan"

28 October 2021

Sedikit yang tahu bahwa stroke terbagi menjadi iskemik dan hemoragik. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas perbedaan stroke hemoragik dan stroke iskemik.

Stroke Hemoragik

Stroke hemoragik lebih jarang terjadi daripada stroke iskemik. Stroke hemoragik adalah ketika perdarahan terjadi di dalam parenkim otak. Biasanya stroke hemoragik terjadi karena pecahnya arteri di dalam otak yang rusak karena hipertensi kronik, amiloidosis, koagulopati, terapi antikoagulan, malformasi arteri vena, dan tingginya kolesterol. Faktor risiko terjadinya stroke hemoragik meliputi usia tua, hipertensi, riwayat stroke sebelumnya, konsumsi alkohol berlebihan, dan penggunaan narkoba.

Gejala dari stroke hemoragik adalah terdapatnya defisit neurologi fokal seperti kelumpuhan atau kelemahan sisi wajah atau anggota gerak, gangguan lapang pandang, dan gangguan berbahasa. Untuk menegakkan diagnosis stroke hemoragik dapat dilakukan pemeriksaan CT Scan dan lab lainnya seperti CBC, fungsi metabolik, antikoagulan, dan koagulan.

Tatalaksana yang diberikan kepada pasien stroke hemoragik adalah tatalaksana kegawatdaruratan stroke, meliputi upaya untuk stabilisasi kondisi pasien seperti menurunkan tekanan darah dan tekanan intrakranial. Selain itu, apabila volume darah di dalam otah >60 ml, maka perlu dilakukan operasi kraniotomi untuk mengeluarkan darah tersebut. Setelah itu, akan dilakukan pengobatan untuk menangani penyebab stroke itu terjadi.

 

Stroke Iskemik

Berkebalikan dengan stroke hemoragik, stroke iskemik merupakan kondisi ketika terjadinya kehilangan sirkulasi darah mendadak pada otak. Hal ini terjadi karena sumbatan mendadak arteri otak oleh trombus (gumpalan darah, lemak, dan zat peradangan). Karena hal tersebut, otak mengalami kematian jaringan. Stroke ini lebih sering terjadi daripada stroke hemoragik.

Gejala yang dialami tidak jauh berbeda dengan stroke hemoragik, oleh karena itu, untuk membedakan stroke iskemik dan stroke hemoragik, dokter akan melakukan penghitungan skor Siriraj dan dilakukan CT Scan.  

Pada stroke iskemik, tatalaksana yang dilakukan adalah manajemen gawat darurat stroke, dan dapat diberikan alteplase apabila onset stroke kurang dari 6 jam. Setelah itu, dilakukan pengobatan sesuai dari penyebab stroke iskemik itu sendiri.

Sumber: 

  1. Bruce C et al. Ischaemic Stroke. [Journal] USA: Nature Reviews Disease Primers; 2019.
  2. Ajaya K et al. Hemorrhagic Stroke. [Journal] Kozhencherry: Stat Pearls; 2021.

Kenali Berbagai Macam Infeksi Menular Seksual dan Bagaimana Mencegahnya!

02 December 2021

Infeksi Menular Seksual (IMS) adalah berbagai infeksi yang dapat menular dari satu orang ke orang yang lain melalui kontak seksual. Semua teknik hubungan seksual baik melalui vagina, dubur, atau mulut baik berlawanan jenis kelamin maupun dengan sesama jenis kelamin bisa menjadi sarana penularan penyakit kelamin.

Read more

Kekerasan Terhadap Perempuan: Apa Yang Harus Dilakukan dan Bagaimana Mencegahnya?

25 November 2021

Kekerasan terhadap perempuan adalah setiap ??tindakan publik atau pribadi dari kekerasan berbasis gender yang telah mengakibatkan, atau kemungkinan besar dapat mengakibatkan, kesengsaraan atau penderitaan perempuan, baik secara fisik, seksual, dan/atau psikologis. Sebanyak 1 dari 5 perempuan yang berusia 15-64 tahun mengalami kekerasan setiap tahunnya di Indonesia.

Read more

Mengenal Global Developmental Delay (Keterlambatan Perkembangan Umum) Pada Anak

18 November 2021

Perkembangan buah hati adalah hal yang paling di nantikan oleh para orang tua. Namun seringkali orang tua tidak menyadari ketika buah hatinya mengalami keterlambatan perkembangan. Perkembangan setiap anak memiliki keunikan tersendiri dan kecepatan pencapaian perkembangan tiap anak berbeda, sehingga seringkali terjadi perbedaan perkembangan di antara anak yang seusia. Pada umumnya anak memiliki pola perkembangan normal yang merupakan hasil interaksi banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan anak. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih banyak mengenai Global Development Delay atau Keterlambatan Perkembangan Umum Pada Anak.

Read more