Yuk, Ajak Si Kecil Berpuasa!

Yuk, Ajak Si Kecil Berpuasa!

24 May 2019

Di suasana Ramadhan ini, banyak hal seputar puasa yang menjadi pertanyaan Si Kecil. Mulai dari keingintahuannya mengenai sahur dan berbuka puasa, hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama puasa, dan lain-lain. Sebenarnya sejak kapan Si Kecil boleh berpuasa? Bagaimana caranya agar puasa bagi Si Kecil terasa menyenangkan?

Konsep berpuasa bagi Si Kecil disesuaikan usianya…

  • Di usia 1-3 tahun, Si Kecil mulai memahami segala hal yang berwujud sehingga Sahabat Permata bisa menjelaskan seputar arti, tujuan, dan manfaat puasa secara sederhana, misalnya melalui buku cerita.
  • Di usia 4-5 tahun, Si Kecil mulai mengerti bahwa saat berpuasa tidak boleh makan dan minum sehingga Sahabat Permata dapat membangunkan si Kecil saat sahur, mengosongkan meja makan di siang hari, dan menyiapkan makanan menjelang buka puasa. Emosi Si Kecil di usia 4-5 tahun sudah cukup stabil sehingga inilah waktu yang tepat untuk melatih berpuasa. Puasa dapat dimulai dengan menahan waktu sarapan Si Kecil 3 jam lebih lama dari waktu biasanya, bila Si Kecil dapat menahan lapar tandanya sudah siap berpuasa. Kemudian meningkat menjadi puasa setengah hari secara bertahap.
  • Di usia 6-9 tahun Si Kecil sudah dapat berpuasa satu hari penuh.

Sebagai orang tua, Sahabat Permata perlu memberikan pengertian dan manfaat puasa pada Si Kecil…

  • Puasa melatih Si Kecil untuk menahan lapar dan dahaga dari imsak hingga adzan maghrib. Dengan kondisi tersebut, dapat mendidik Si Kecil menjadi pribadi yang lebih sabar dan menghargai waktu. Saat sahur, Si Kecil tidak malas untuk bangun tidur agar bisa menjalankan sahur tepat waktu sebelum imsak. Saat adzan maghrib, Si Kecil dapat segera berbuka puasa bersama keluarga.
  • Selain itu, puasa juga menahan diri untuk tidak melakukan perbuatan buruk yang dapat membatalkan pahala puasa. Hal ini dapat membuat Si Kecil dipenuhi dengan perilaku positif sesuai dengan ajaran agama.
  • Pola makan Si Kecil menjadi teratur karena makan besar hanya saat sahur dan berbuka puasa saja. Si Kecil menjadi tidak jajan sembarangan di luar sehingga terhindar dari makanan yang mengandung pengawet dan pemanis buatan. Si Kecil juga diajarkan untuk menjadi pribadi yang sederhana dan tidak boros dengan merasakan haus dan lapar sepanjang hari, sehingga lebih menghargai apa yang telah dimilikinya.

Untuk itu, Sahabat Permata perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini agar Si Kecil bersemangat dalam menjalankan puasa…

  • Berpuasa secara bertahap, boleh berbuka di jam 12 siang, kemudian puasanya dilanjutkan kembali.
  • Mengisi kegiatan Si Kecil saat berpuasa sehingga Si Kecil lupa jika sedang berpuasa, ajak pula Si Kecil untuk tidur siang agar waktu berbuka menjadi terasa lebih cepat. Tidur malam menjadi lebih awal agar Si Kecil segar dan cukup tidur walaupun harus bangun pagi untuk sahur.
  • Membuat menu sajian untuk sahur dan berbuka sesuai dengan kesukaan Si Kecil, namun tetap memperhatikan kandungan gizi yang seimbang. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, kaya serat, dan protein baik untuk dikonsumsi karena lebih lambat dicerna tubuh sehingga proses pengosongan lambung pun menjadi lebih lama. Hindari makanan yang banyak mengandung lemak dan minyak.
  • Kebutuhan cairan Si Kecil perlu untuk diperhatikan, jangan sampai mengalami dehidrasi saat puasa. Sup dan jus buah saat sahur dapat diberikan untuk menambah kebutuhan cairan dan mineral. Hindari minum teh berlebihan saat sahur karena dapat meningkatkan produksi air kencing sehingga mengeluarkan mineral dalam tubuh.
  • Memberikan dukungan kepada Si kecil dengan pujian dan hadiah jika berhasil menjalankan puasa sehari penuh.

Wah, ternyata mengajak Si Kecil berpuasa cukup mudah bukan? Yuk, ajak Si Kecil berpuasa sekarang! Selamat mencoba!

 

Bagi Sahabat Permata yang ingin berkonsultasi lebih lanjut seputar kesehatan Si Kecil dapat mengunjungi Dokter kami di Poli Anak…

RS Permata Depok

RS Permata Bekasi

 

Kami juga menyediakan Promo Sunat mulai dari 550ribu bagi Si Kecil, yuk segera daftar hanya hingga bulan Juli 2019 loh!

 

Referensi :

  1. Narasumber dr Agnes Tri Harjaningrum, SpA
  2. Editor dr Erina Nindya Lestari
  3. https://blogs.bcm.edu/2018/05/08/how-to-care-for-the-fasting-child/
  4. https://www.bbc.com/news/world-europe-44107950

Kiat Sehat Menyambut Lebaran

05 June 2019

Lebaran menjadi momen untuk bersilaturahmi dan berkumpul bersama keluarga. Tak ketinggalan makanan-makanan khas Lebaran yang pastinya sudah dinanti-nanti. Hmm, bagaimana caranya tetap sehat dan menjaga pola makan di tengah menggiurkannya camilan khas Lebaran? Yuk cari tahu lewat artikel ini!

Read more

Tangkal Kekhawatiran Pasien Maag untuk Berpuasa

18 May 2019

Sudah menjadi kewajiban bagi pasien maag untuk menjaga keteraturan makan. Namun, jika sudah memasuki bulan Ramadhan tentunya, pasien maag juga ingin berpuasa. Baca informasi selengkapnya mengenai tips agar pasien maag dapat berpuasa tanpa khawatir maagnya kambuh....

Read more

Bau Mulut Saat Puasa? Ini Solusinya!

11 May 2019

Saat puasa tentunya aktivitas tetap berjalan seperti biasa, komunikasi menjadi salah satu aktivitas yang rutin kita lakukan. Namun, ada satu hal yang sering menjadi kekhawatiran bagi kita semua untuk berkomunikasi di saat berpuasa. Ya, bau mulut! Bagaimana caranya agar kita terhindar dari bau mulut saat puasa? Yuk, cari tahu solusinya!

Read more