Penyakit Alzheimer : Penyakit Pikun atau “Gampang Lupa” pada Orang Tua

Penyakit Alzheimer : Penyakit Pikun atau “Gampang Lupa” pada Orang Tua

24 September 2024

 

Alzheimer adalah suatu kondisi neurodegeneratif (penyakit degeneratif pada sel saraf) dengan permulaan yang perlahan dan gangguan fungsi perilaku dan kognitif yang progresif. Fungsi-fungsi ini meliputi memori, pemahaman, bahasa, perhatian, penalaran, dan penilaian.

Kehilangan memori jangka pendek merupakan gejala awal dan gejala yang paling umum terjadi pada Penyakit Alzheimer. Pasien Penyakit Alzheimer mungkin kesulitan dalam menerima informasi baru dan masih mengingat-ingat memori jangka panjang.

Penyebab Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer dikarakteristikan sebagai penyakit saraf degeneratif bertahap dan progresif yang disebabkan kematian sel saraf.

Penyakit Alzheimer merupakan kondisi yang disebabkan oleh banyak faktor yang menyebabkan seseorang berisiko mengidap Penyakit Alzheimer. Faktor risikonya antara lain :

  • Usia lanjut (>65 tahun???), menjadi kontributor utama
  • Stroke
  • Obesitas
  • Diabetes
  • Keluarga dengan riwayat Penyakit Alzheimer

Pengobatan dan Pencegahan Penyakit Alzheimer

Meski masih dalam penelitian, ada beberapa langkah yang bisa menurunkan risiko terkena Penyakit Alzheimer, antara lain :

  • Rajin membaca buku
  • Bermain musik
  • Menjaga pola makan yang sehat
  • Latihan aerobik yang rutin

Sampai saat ini, belum ada pengobatan untuk menyembuhkan Penyakit Alzheimer, hanya pengobatan atau terapi yang dapat memperlambat perkembangan penyakit. Ada terapi obat golongan Penghambat Kolinesterase seperti Rivastigminedan terapi non-obat seperti terapi stimulasi kognitif.

Sumber : Kumar A, Sidhu J, Lui F, et al. Alzheimer Disease. [Updated 2024 Feb 12]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2024 Jan-. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK499922/

 

 

Bagi Sahabat Permata yang ingin memeriksakan diri atau kerabat tentang Penyakit Alzheimer, segera konsultasikan dengan Dokter Spesialis Saraf di Rumah Sakit Permata Mufidah Grup

 

Informasi dan layanan:

https://rspermata.co.id/contact

Jadwal Dokter Spesialis Saraf

https://rspermata.co.id/findadoctor?speciality=16&name=


Nutrisi Untuk Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah – Diet Mediteranian dan Diet D.A.S.H

29 September 2024

Penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) masih menjadi ancaman dunia dan merupakan penyakit yang berperan utama sebagai penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, angka kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Setidaknya, 15 dari 1000 orang, atau sekitar 2.784.064 individu di Indonesia menderita penyakit jantung.

Read more

Transversus Abdominis Plane (TAP) Block – Atasi Nyeri pada Luka Bekas Operasi

28 September 2024

Transversus Abdominis Plane (TAP) Block adalah salah satu metode alternatif anestesi dalam mengontrol rasa nyeri pasca operasi pada area perut (abdomen). TAP Block diberikan dengan menyuntikkan obat anestesi di bawah otot dinding perut dengan panduan Ultrasonografi (USG).

Read more

Mikrodermabrasi (MDA) Wajah – Indikasi, Efek Samping, dan Jenis Mikrodermabrasi

23 September 2024

Mikrodermabrasi (MDA) adalah prosedur minimal invasif berupa pelapisan ulang epidermis yang digunakan untuk mengatasi warna/tekstur kulit tidak merata, photoaging, stretch mark, flek kecoklatan (melasma), dan bekas luka, termasuk bekas jerawat. Prosedur MDA dapat dilakukan di rawat jalan (kantor medis, spa medis) oleh dokter terlatih, ahli kecantikan, asisten medis, atau perawat tanpa menggunakan anestesi.

Read more