Menyusui Pada Ibu Yang Bekerja, Kenali Tips nya!

Menyusui Pada Ibu Yang Bekerja, Kenali Tips nya!

04 August 2022

Menyusui merupakan salah satu pengalaman paling indah yang dialami ibu dan bayi. Sayangnya tidak semua ibu menyadari akan pentingnya menyusui bayinya. Air Susu Ibu (ASI) diciptakan oleh Tuhan dengan segala kelebihannya. ASI mengandung semua nutrisi penting yang diperlukan bayi untuk tumbuh kembangnya, disamping itu juga mengandung antibodi yang akan membantu bayi membangun sistem kekebalan tubuh dalam masa pertumbuhannya. Menyusui juga dapat menciptakan ikatan psikologis dan kasih sayang yang kuat antara ibu dan bayi

Menyusui merupakan hak setiap ibu, termasuk ibu bekerja.

Bagaimana agar ibu bekerja juga dapat memberikan ASI Eksklusif?

Mengingat beragam manfaat pemberian ASI bagi bayi, bagaimana kiat bagi ibu yang tetap bekerja setelah berkeluarga dan memiliki anak?

Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan oleh ibu pekerja agar dapat tetap terus memberikan ASI eksklusif bagi bayinya : 

  1. Menyusui bayi lebih sering di sore/malam hari dan pada hari libur agar produksi ASI lebih lancar serta hubungan ibu-bayi menjadi lebih dekat
  2. Menyusui bayi di pagi hari sebelum meninggalkan bayi ke tempat kerja dan pada saat pulang kerja
  3. Mempersiapkan persediaan ASI perah di lemari es selama ibu bekerja
  4. Menetapkan jadwal memerah ASI, biasanya setiap 3-4 jam
  5. Istirahat cukup, minum cukup serta mengkonsumsi makanan bergizi
  6. memberikan ASI perah melalui cangkir, sendok, atau pipet pada jam kerja. ASI perah sebaiknya tidak diberikan dengan botol karena akan menganggu penyusuan langsung dari payudara.
  7. Mencari pengasuh (nenek, kakek, anggota keluarga lain, baby sitter, pembantu) yang dapat memberikan ASI dan menjaga bayi selama ibu bekerja. Bila tidak ada pengasuh, ibu sebaiknya mencari tempat penitipan anak.

Bagaimana cara menyimpan ASI Perah? 

  • Menemoatkan ASIP di dalam botol kaca atau plastik yang bebas Bisphenol-A (BPA)karena zat kimia ini kurang aman untuk kesehatan bayi.
  • Pastikan botol-botol tersebut sudah disterilkan atau minimal dicuci dengan air hangat hingga bersih. 
  • Hindari menyimpan ASIP dalam botol sekali pakai yang memang tidak bisa digunakan secara berulang.
  • berilah label pada botol yang bertuliskan jam dan tanggal ASI diperah

Berapa lama ASIP dapat bertahan? 

Daya tahan ASIP bergantung kepada letak ASI perah tersebut disimpan. Ada beberapa pedoman penyimpanan ASIP yang perlu Bunda ketahui, antara lain:

  • ASI yang baru saja diperah dapat bertahan dalam suhu ruangan hingga 4 jam
  • Jika disimpan dalam wadah tertutup dengan kantong es, ASIP dapat bertahan hingga 24 jam
  • ASIP yang disimpan dalam lemari pendingin dapat bertahan hingga 3–4 hari
  • ASIP yang disimpan di dalam freezer dapat bertahan hingga 6 bulan

Meski bisa awet, sebagian nutrisi, seperti protein dan vitamin, bisa hilang di dalam ASIP yang disimpan terlalu lama.

Petunjuk penyimpanan ASI tersebut adalah untuk bayi cukup bulan yang sehat, tidak untuk bayi yang dirawat di rumah sakit atau bayi prematur.

Bagaimana cara menghangatkan ASIP? 

  1. Cara mencairkan atau menghangatkan ASI perah beku setelah menyimpan di freezer bisa dilakukan di dalam kulkas selama 12-24 jam atau diletakkan pada semangkuk air hangat.
  2. Hindari mencairkan ASI perah pada suhu kamar secara langsung.
  3. Hindari mencairkan ASI perah beku di dalam microwave atau dalam air yang bersuhu sangat panas setelah sebelumnya Anda menyimpan di dalam freezer.
  4. Hindari membekukan kembali ASI perah yang sudah mencair.

Ibu bekerja bukanlah hambatan dalam memberikan ASI eksklusif. Menyusui juga membantu ibu dan bayi membentuk ikatan tali kasih yang kuat. Pengetahuan ibu yang baik mengenai ASI dan bekerja, persiapan ibu yang baik menjelang dan saat bekerja, pengetahuan mengenai memerah ASI, penyimpanan dan pemberiannya, dukungan keluarga serta dukungan tempat kerja memberikan dampak yang besar bagi keberhasilan ibu menyusui. Paramedis dan dokter anak pada khususnya wajib memberikan informasi yang benar mengenai ibu bekerja dan menyusui.

 

sumber : 

  1. HealthHub, Ministriy of Health Singapore (2021). Breastfeeding as a Working Mother.
  2. Breastmilk: Pumping, Collecting, Storing. diakses 26 juli 2022, dari https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=90&contentid=P02385
  3. IDAI. 2013. Sukses Menyusui Saat Bekerja
  4. IDAI. 2013. ASI Eksklusif Pada Ibu Yang Bekerja

Mengenal Hepatitis Virus dan Pencegahannya!

28 July 2022

Hepatitis virus adalah infeksi yang menyebabkan peradangan di hati. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus hepatitis yang bereplikasi di dalam sel hati. Sejauh ini ada lima jenis virus yang menyebabkan penyakit hepatitis, yaitu Hepatitis A, B, C, D dan E.

Read more