Mengenali Perubahan Kulit Saat Hamil

Mengenali Perubahan Kulit Saat Hamil

15 April 2020

Pada saat hamil, berbagai perubahan bisa dialami seorang perempuan termasuk kulit. Jika sebelumnya Anda tidak menemukan masalah pada kulit wajah, saat hamil bisa jadi jerawat muncul di beberapa titik di wajah. Berbagai perubahan yang terjadi pada tubuh dan kulit Ibu terjadi akibat perubahan hormonal, faktor stress/psikologis, dan genetik. Berikut adalah perubahan normal (fisiologis) yang dapat terjadi pada masa kehamilan menurut British Medical Journal.

Hiperpigmentasi atau Kulit Lebih Gelap

Warna kulit Anda mungkin akan terlihat lebih gelap selama kehamilan. Perubahan warna kulit tersebut dapat terjadi di seputar daerah puting susu dan daerah lipatan kulit seperti leher, paha, bokong, dan ketiak. Kulit di sekitar area tersebut akan menjadi lebih gelap warnanya karena ada perubahan pigmen. Bisa jadi juga tahi lalat dan bintik-bintik cokelat di tubuh Anda tampak lebih besar dibanding sebelum masa kehamilan.

Striae distensae atau stretch mark

Selama kehamilan, salah satu perubahan kulit yang umum terjadi adalah timbulnya stretch mark atau dalam istilah kedokteran disebut “striae distensa. Hal tersebut merupakan perubahan pada kulit yang disebabkan oleh peregangan dari kulit yang berlebihan. Sterch mark akan meningkat pada trimester ketiga.

Pruritus Gravidarum atau Gatal

“Saat hamil, 1 dari 5 wanita akan mengalami pruritus gravidarum atau gatal.”  Hal ini umumnya dijumpai saat trimester 1 dan 2.

Perubahan pada rambut dan kuku

Saat kehamilan, para ibu akan mengalami gangguan siklus pertumbuhan dan kerontokan rambut yang juga diakibatkan perubahan hormon. Jadi jangan heran jika saat hamil terjadi pertumbuhan rambut yang lebat, bahkan tumbuh rambut-rambut halus di sekitar wajah. Setelah 1-5 bulan kehamilan, akan terjadi kerontokan rambut. Ini merupakan gejala yang wajar dan tak perlu ditakuti. Kerontokan akan terjadi selama 6 bulan sampai setahun.

Perubahan pada pembuluh darah

Salah satu perubahan pada pembuluh darah yang bermanifestasi ke kulit adalah varises vena. Hal tersebut disebabkan oleh adanya peningkatan volume darah secara signifikan selama proses kehamilan. Untuk mencegah varises vena ini, pakar kesehatan menyarankan ibu hamil untuk tidak berdiri dalam waktu yang lama dan tidak menyilangkan kaki tatkala duduk.

Perubahan pada kelanjar keringat

Ibu hamil dapat mengalami perubahan pada kelenjar keringat, hal ini dapat menyebabkan timbulnya keringat berlebih atau bahkan berkurangnya keringat dari biasanya.

 

Kulit Berminyak

Karena perubahan hormonal dalam tubuh, kulit akan mengeluarkan lebih banyak minyak dari biasanya. Hal ini menimbulkan kulit berminyak. Untuk mengatasinya, tetaplah gunakan cara-cara alami dan jagalah diri Anda tetap terhidrasi.

Kulit Kering

Jika masalahnya bukan kulit berminyak, pasti kulit kering. Nah, agar kulit tidak semakin kering saat hamil, Anda perlu menginsumsi banyak buah-buahan, mineral, agar kulit dapat tetap lembab.

Apakah masalah kulit yang sering timbul saat kehamilan?

 

“50% wanita hamil akan mengalami gangguan infeksi pada kulit seperti acne/jerawat, psoriasis, dan ruam”

Psoriasis

Psoriasis merupakan gangguan kulit di mana terdapat bercak di kulit berwarna merah yang kemudian meradang dan tertutup wana putih, lalu kulit terkelupas.

Acne/ Berjerawat

Salah satu masalah kulit paling umum yang dihadapi perempuan hamil adalah jerawat. Jika jerawat berlebih, konsultasikan segera kepada dokter dan jangan menggunakan obat

 

Telapak Tangan Memerah

Jika Anda melihat telapak tangan Anda memerah pada periode kehamilan, jangan khawatir. Itu adalah masalah umum yang terjadi saat hamil. Istilah medis untuk telapak tangan merah adalah eritema palmaris.

 

Ruam

Salah satu perubahan kulit yang umum selama kehamilan adalah timbulnya ruam. Masalah ini terjadi ketika Anda alergi terhadap beberapa jenis makanan. Sebaiknya Anda konsultasikan ruam ini dengan dokter kandungan Anda.

editor :

dr. Galih, SpKK

Referensi :

  1. Jones SV, Ambros-Rudolph C, Nelson-Piercy C. Skin Disease in Pregnancy. BMJ 2014;348:g3489
  2. Roth MM. Specific Pregnancy Dermatoses. http://www.medscape.com/viewarticle/707663
  3. KriegerEB. The Truth About Pregnancy Stretch Marks. http://www.webmd.com/baby/features/stretch-marks#1

Pusing, apakah saya vertigo?

23 September 2020

Pusing merupakan salah satu penyebab tersering pasien datang berkonsultasi ke dokter. Pusing digambarkan sebagai sensasi seperti lemah, lemas, sensasi melayang, ketidakstabilan atau kehilangan keseimbangan. Pusing yang membuat seolah Anda atau sekeliling Anda berputar atau bergerak disebut vertigo.

Read more

Cegah Kanker Serviks dengan Rutin Paspsmear

16 September 2020

Kanker serviks merupakan tipe kanker yang terjadi di sel serviks – bagian terbawah rahim yang menghubungkannya dengan vagina. Virus Human papillomavirus (HPV), merupakan infeksi menular seksual, yang berperan dalam menyebabkan kanker serviks.

Read more

Kanker Kolon yang Merenggut Nyawa Pemeran Black Panther

09 September 2020

Sahabat Permata, beberapa hari lalu kita dikagetkan dengan berita meninggalnya Chadwick Boseman pemeran utama film superhero Black Panther. Kematiannya begitu mengejutkan banyak pihak pasalnya ia baru berusia 42 tahun.

Read more