Kepala Sering Berdenyut? Yuk, kenali gejala MIgrain !

Kepala Sering Berdenyut? Yuk, kenali gejala MIgrain !

13 November 2019

Sahabat Permata, pernahkah Anda mengalami nyeri kepala sebelah yang terasa berdenyut? Sering berulang, muncul di saat sedang banyak kerjaan. Sungguh mengganggu, bukan? Ya, nyeri kepala berdenyut sebelah ini, umumnya adalah migrain. Apa sebenarnya migrain ini? Apa saja gejalanya? Apa penyebabnya? Yuk, kita bahas lebih lanjut.

Migrain merupakah salah satu bentuk sakit kepala, yang merupakan kelainan kompleks yang ditandai dengan sakit kepala berulang, unilateral (satu sisi), dan pada beberapa kasus migraine dikaitkan dengan adanya aura yang timbul sebelum nyeri kepala muncul atau setelahnya. Berdasarkan data epidemiologi, antara perempuan dan laki – laki, ternyata perempuan tiga kali lebih banyak menderita migrain dibandingkan laki – laki. Hal ini dikatakan terkait hormonal pada perempuan yang memiki kecenderungan untuk tinggi pada keadaan tertentu seperti saat menstruasi, atau pada menopause.

Etiologi

Etiologi atau penyebab seseorang menderita migraine sampai sekarang masih belum diketahui secara pasti, dikatakan terkait dengan saraf dan pembuluh darah di daerah otak, namun faktor genetik memiliki peran yang cukup besar dalam terjadinya migrain.

Walaupun penyebab migrain belum diketahui secara pasti, namun pemicu kambuhnya migrain diketahui dan dapat dihindari oleh penderita agar migrain tidak kambuh. Pemicu kambuhnya migrain pada setiap penderita dapat berbeda dan dapat dipicu oleh beberapa hal. Beberapa pemicu yang umum adalah :

  1. Stress
  2. Kekurangan atau kelebihan tidur
  3. Obat – obatan (esterogen, nitrogliserin)
  4. Perubahan hormonal
  5. Kafein
  6. Coklat
  7. Tiramin ( anggur merah )
  8. Nitrit ( pada daging olahan)

Gejala

Gejala umum dari migrain ini adalah :

  1. Prodromal

Gejala yang terjadi beberapa hari atau beberapa jam sebelum sakit kepala melanda.

  1. Aura

Aura adalah salah satu fenomena neurologis yang muncul sebelum, atau setelah migraine, berlangsung sekitar beberapa menit hingga 60 menit dengan keluhan berupa visual seperti lapang pandang yang tiba-tiba gelap sebagian, merasa silau. Bentuk lain aura adalah terkait indera raba, seperti ditusuk – tusuk di daerah tangan hingga menyebar ke arah hidung hingga rasa kebas.

  1. Nyeri kepala

Sakit kepala yang dirasakan adalah berdenyut, unilateral, terutama pada daerah kepala depan dan dekat telinga, yang dapat berlangsung dalam hitungan jam hingga harian. Nyeri terjadi secara bertahap dan lebih berat pada malam hari. Gejala penyerta diantaranya adalah mual/muntah, silau dan lainnya.

  1. Postdromal atau Resolusi

Gejala prodromal ini berupa perubahan nafsu makan, gejala otonom seperti berkeringat,  perubahan mood, kelelahan hingga sensitif terhadap cahaya dan suara.

Beberapa penderita biasanya juga mengalami gejala tambahan seperti berkeringat, merasa sangat panas atau sangat dingin, sakit perut, diare hingga sulit berkonsentrasi.

Migrain Bisa Menjadi Penyakit Serius

Migrain bisa jadi merupakan bagian dari penyakit yang lebih serius, seperti meningitis (radang selaput otak), stroke atau yang lainnya. Gejalanya akan disertai dengan :

  1. Sakit kepala tidak tertahankan yang terjadi secara tiba tiba, belum pernah dirasakan sebelumnya atau intensitasnya lebih hebat daripada sebelumnya
  2. Sisi tubuh tertentu terasa lemas atau lumpuh
  3. Sakit kepala disertai dengan demam, kejang, leher kaku, kebingungan, penglihatan ganda dan ruam kulit
  4. Bicara pelo

 

Tatalaksana

Tatalaksana yang paling utama terkait dengan migrain adalah menghindari pencetus nyeri, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Pilihan lainnnya adalah dengan konsumsi obat – obatan mulai dari terapi untuk mengurangi progresifitas nyeri hingga obat – obatan untuk menurunkan kemungkinan serangan migrain (profilaksis).

Sahabat Permata bisa konsultasi lebih lanjut di RS Permata bersama dokter spesialis Saraf kita loh. Bisa lihat jadwalnya di bawah ini ya. 

RS Permata Depok 

RS Permata Bekasi 

 

Narasumber : dr Prima Heptayana, Sp.S

Editor : dr. Nindia Latwo Septipa 

Sumber : 

1. 1. Cold F, Health E, Disease H, Disease L, Management P, Conditions S et al. Migraine Headaches - Symptoms, Causes, Treatment, Prevention [Internet]. WebMD. 2019 [cited 11 November 2019]. Available from: https://www.webmd.com/migraines-headaches/migraines-headaches-migraines#1

2. [Internet]. Medind.nic.in. 2019 [cited 11 November 2019]. Available from: http://medind.nic.in/daa/t08/i1/daat08i1p69.pdf

3. Migraine - Symptoms and causes [Internet]. Mayo Clinic. 2019 [cited 11 November 2019]. Available from: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/migraine-headache/symptoms-causes/syc-20360201


Kenal Lebih Dalam dengan HIV/AIDS

04 December 2019

Sahabat Permata, tahukah Anda bahwa setiap tanggal 01 Desember diperingati sebagai hari HIV sedunia? Ya, setiap tahunnya diperingati HIV dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV

Read more

Yuk, Lakukan Peregangan dan Rasakan Manfaatnya

29 November 2019

Sering kali, setelah kita dalam posisi tertentu dalam waktu yang lama, setelahnya kita akan merasakan badan pegal – pegal. Tidak hanya pegal – pegal, banyak juga yang sampai berubah postur tubuhnya misalnya jadi bungkuk karena terlalu lama dalam posisi membungkuk. Nah, sebenarnya kita bisa menghindari hal – hal tersebut loh. Bagaimana caranya? Yap, dengan melakukan peregangan.

Read more

Jangan – jangan Bukan Nyeri Perut Biasa! Yuk, Kenali Radang Usus Buntu Lebih Dalam

22 November 2019

Sahabat Permata, radang usus buntu atau dalam bahasa kedokterannya disebut sebagai Apendisitis merupakan penyebab nyeri perut akut atau tiba-tiba yang paling sering. Apendisitis ini sangat sering menjadi penyebab pasien harus segera di operasi.

Read more