Jenis-Jenis Luka Diabetes

Jenis-Jenis Luka Diabetes

11 November 2021

Gangren adalah kondisi matinya jaringan tubuh karena tidak mendapat pasokan darah yang cukup. Gangren merupakan kondisi serius dapat berujung amputasi hingga kematian, sebagai komplikasi dari penyakit yang menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan aliran darah, seperti diabetes. Gangren yang disebabkan oleh diabetes disebut sebagai luka diabetes. Kondisi ini umumnya terjadi di tungkai, jari kaki, atau jari tangan, tetapi juga bisa terjadi pada otot serta organ dalam tubuh. Luka diabetes pada kaki disebut juga ulkus kaki diabetes.

Penyebab lamanya luka diabetes sembuh karena kadar gula darah di dalam tubuh yang terlalu tinggi sehingga merusak saraf, menurunkan sistem kekebalan tubuh, dan menyebabkan sirkulasi darah memburuk. Kemudian hal tersebut berujung pada terhambatnya proses perbaikan jaringan tubuh yang mengalami kerusakan.

 

Berdasarkan tampilannya, gangren terdiri atas berbagai macam, meliputi:

  1. Gangren kering
    Pada tipe ini, kulit akan kering dan mengerut. Warna kulit juga berubah menjadi coklat, ungu, hingga hitam. Gejala gangren ini terjadi secara perlahan dan jarang menimbulkan infeksi.
  2. Gangren basah
    Pada tipe ini, kulit bengkak, melepuh, dan terlihat basah akibat nanah. Jenis ini terjadi karena infeksi dan dapat menyebar cepat ke jaringan sekitarnya.Jenis ini umumnya terjadi karena penderita tidak menyadari luka pada kakinya. Gangren ini harus cepat ditangani karena dapat menyebabkan kematian.
  3. Gangren gas
    Gangrene gas umumnya menyerang otot. Pada tahap awal, kulit penderita terlihat normal. Namun seiring waktu, kulit menjadi pucat lalu berubah menjadi ungu kemerahan. Setelah itu, kulit akan bergelembung karena gas yang terbentuk. Apabila ditekan, akan terdengar bunyi khas karena adanya udara di dalam jaringan. Gas ini berasal dari racun bakteri yang menginfeksi. Oleh karena itu, gangren ini bersifat mengancam jiwa.

Berdasarkan letaknya, gangren terdiri atas berbagai macam, meliputi:

  • Gangren Fournier
    Gangren ini merupakan salah satu komplikasi serius dari diabetes yang jarang terjadi, menyerang daerah genital atau kelamin, dan kebanyakan penderitanya adalah pria. Kondisi ini terjadi karena infeksi kemaluan atau saluran kemih, diitandai dengan gejala demam, bengkak dan nyeri pada kemaluan, serta bau tidak sedap.
  • Gangren Meleney
    Gangren Meleney merupakan kondisi jarang yang menyerang luka bekas operasi. Kondisi ini adalah jenis yang tergolong langka dan termasuk komplikasi operasi. Gangrene Meleney ditandai dengan demam, rasa nyeri bekas operasi yang tak kunjung hilang selama 1–2 minggu pascaoperasi. Pada pasien diabetes, angka kematian dengan gangren ini mencapai 90%.

Sumber:

  1. Fahrun N. Etiology, Pathophysiology, Diagnosis, and Management of Diabetic Foot Ulcer. Surakarta: International Journal of Research in Medical Sciences

Kenali Berbagai Macam Infeksi Menular Seksual dan Bagaimana Mencegahnya!

02 December 2021

Infeksi Menular Seksual (IMS) adalah berbagai infeksi yang dapat menular dari satu orang ke orang yang lain melalui kontak seksual. Semua teknik hubungan seksual baik melalui vagina, dubur, atau mulut baik berlawanan jenis kelamin maupun dengan sesama jenis kelamin bisa menjadi sarana penularan penyakit kelamin.

Read more

Kekerasan Terhadap Perempuan: Apa Yang Harus Dilakukan dan Bagaimana Mencegahnya?

25 November 2021

Kekerasan terhadap perempuan adalah setiap ??tindakan publik atau pribadi dari kekerasan berbasis gender yang telah mengakibatkan, atau kemungkinan besar dapat mengakibatkan, kesengsaraan atau penderitaan perempuan, baik secara fisik, seksual, dan/atau psikologis. Sebanyak 1 dari 5 perempuan yang berusia 15-64 tahun mengalami kekerasan setiap tahunnya di Indonesia.

Read more

Mengenal Global Developmental Delay (Keterlambatan Perkembangan Umum) Pada Anak

18 November 2021

Perkembangan buah hati adalah hal yang paling di nantikan oleh para orang tua. Namun seringkali orang tua tidak menyadari ketika buah hatinya mengalami keterlambatan perkembangan. Perkembangan setiap anak memiliki keunikan tersendiri dan kecepatan pencapaian perkembangan tiap anak berbeda, sehingga seringkali terjadi perbedaan perkembangan di antara anak yang seusia. Pada umumnya anak memiliki pola perkembangan normal yang merupakan hasil interaksi banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan anak. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih banyak mengenai Global Development Delay atau Keterlambatan Perkembangan Umum Pada Anak.

Read more