Inilah Pentingnya Ekokardiografi!

Inilah Pentingnya Ekokardiografi!

04 May 2019

Sahabat Permata ingin mengetahui gambaran kondisi jantung secara langsung tanpa rasa sakit? Ekokardiografi adalah jawabannya. Apa itu ekokardiografi? Samakah dengan EKG yang juga biasa kita dengar? Yuk, simak lebih lanjut melalui artikel di bawah ini.

Ekokardiografi atau biasa dikenal dengan USG jantung merupakan sebuah alat yang mengeluarkan gelombang ultrasonik yang berfungsi untuk menilai struktur dan fungsi jantung dengan akurat secara langsung. Melalui ekokardiografi ini kita dapat mengetahui kondisi pembuluh darah jantung, katup jantung, ruang jantung, serta otot dinding jantung. Lain halnya dengan EKG atau elektrokardiografi, EKG merupakan alat yang digunakan untuk merekam aktivitas listrik jantung. Keduanya memiliki fungsi berbeda, namun saling melengkapi.

Cara penggunaan ekokardiografi dilakukan dengan probe yang disentuhkan pada dada tepat dimana jantung berada. Probe tersebut sebelumnya telah diberi gel agar tampilan jantung menjadi lebih jelas. Probe mengeluarkan gelombang suara ultrasonik yang akan masuk ke dalam tubuh, dipantulkan kembali, dan diinterpretasikan dalam bentuk gambar yang akan muncul pada layar mesin.

Prosedur ini dilakukan dalam posisi berbaring selama 15-30 menit tanpa rasa sakit dan juga efek samping. Persiapan khusus pun tidak perlu dilakukan sebelum pemeriksaan ekokardiografi ini. Hasil yang bermakna selanjutnya akan dicetak dalam bentuk foto sebagai dokumentasi. Kemudian dokter spesialis jantung dan pembuluh darah akan menjelaskan kepada Sahabat Permata mengenai hasil pemeriksaan tersebut.

Ekokardiografi ini dapat dilakukan pada berbagai usia karena penting untuk dapat mengevaluasi jantung secara keseluruhan sehingga dapat diketahui kelainan jantung bawaan pada bayi hingga remaja, penurunan fungsi jantung pada usia tua yang dapat menimbulkan beragam keluhan seperti sesak atau nyeri dada, serta melihat kemajuan pengobatan pasien jantung.

Wah, ternyata manfaat yang didapatkan dari pemeriksaan ekokardiografi ini cukup banyak ya Sahabat Permata! Untuk itu, jika Sahabat Permata penasaran ingin tahu seputar jantung dapat menanyakannya secara langsung dengan berkonsultasi melalui dokter spesialis jantung dan pembuluh darah kami.

 

RS Permata Depok

RS Permata Bekasi

 

Selain itu, terdapat beberapa pilihan paket pemeriksaan Ekokardiografi yang dapat Sahabat Permata pilih, yakni:

  • Paket USG ekokardiografi dan USG echo newborn
  • Paket USG ekokardiografi intrauterine
  • Paket USG Medical Check Up Jantung

 

Referensi:

  1. Narasumber dr Asmoko Resta P., SpJP
  2. Editor dr Erina Nindya Lestari
  3. http://emedicine.medscape.com/article/1820912-overview
  4. https://www.nhlbi.nih.gov/health/health-topics/topics/echo
  5. http://www.yankes.kemkes.go.id/read-echocardiografi-4702.html

3 Jenis USG dan Perbedaannya

05 July 2019

Kehamilan tentunya menjadi momen yang sangat membahagiakan bagi Sahabat Permata. Terlebih Sahabat Permata pasti penasaran jenis kelamin, berat, panjang, dan rupa buah hati sambil menerka-nerka mirip Bunda atau Ayahnya yaa… Nah, saat periksa kehamilanlah Sahabat Permata dapat mengetahui itu semua melalui ultrasonografi (USG). Kini, USG telah berkembang mulai dari 2D, 3D, hingga 4D. Yuk, simak lebih lanjut seputar USG!

Read more

Kiat Sehat Menyambut Lebaran

05 June 2019

Lebaran menjadi momen untuk bersilaturahmi dan berkumpul bersama keluarga. Tak ketinggalan makanan-makanan khas Lebaran yang pastinya sudah dinanti-nanti. Hmm, bagaimana caranya tetap sehat dan menjaga pola makan di tengah menggiurkannya camilan khas Lebaran? Yuk cari tahu lewat artikel ini!

Read more

Yuk, Ajak Si Kecil Berpuasa!

24 May 2019

Di suasana Ramadhan ini, banyak hal seputar puasa yang menjadi pertanyaan Si Kecil. Mulai dari keingintahuannya mengenai sahur dan berbuka puasa, hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama puasa, dan lain-lain. Sebenarnya sejak kapan Si Kecil boleh berpuasa? Bagaimana caranya agar puasa bagi Si Kecil terasa menyenangkan?

Read more