Hindari Computer Vision Syndrome (CVS), Jaga Kesehatan Mata Saat Work From Home

Hindari Computer Vision Syndrome (CVS), Jaga Kesehatan Mata Saat Work From Home

21 October 2021

Selama pandemi, orang-orang dituntut untuk mengerjakan pekerjaannya dari rumah, membuat seseorang harus menatap layar dalam waktu yang sangat lama. Namun, melihat layar dalam waktu panjang, terutama saat work from home dapat menyebabkan kelelahan pada mata.

Tak hanya itu, menatap layar dalam waktu yang lama dapat menimbulkan Computer Vision Syndrome (CVS). Computer Vision Syndrome (CVS) adalah sekelompok gejala yang terjadi pada mata karena penggunaan tablet, komputer, bahkan telepon genggam yang terlalu lama.

CVS memiliki gejala meliputi mata tegang, nyeri kepala, penglihatan buram, mata kering, hingga nyeri leher dan bahu. Lalu, apa saja yang dapat dilakukan untuk menghindari kelelahan pada mata? Berikut merupakan tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata selama work from home.

  • Gunakan prinsip 20/20/20

Prinsip ini merupakan kondisi untuk setiap 20 menit, alihkan pandangan pada objek sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.

  • Jangan Lupa Berkedip

Bekerja dapat menyebabkan seseorang melihat layar tanpa berkedip dalam waktu yang lebih lama. Kondisi ini dapat menyebabkan mata kering.

  • Gunakan obat tetes mata

Menggunakan obat tetes mata dapat membantu mencegah terjadinya mata kering. Meski begitu, pastikan memilih tetes mata yang tepat, karena beberapa obat tetes mata tidak boleh digunakan lebih dari 4 kali dalam sehari.

  • Gunakan layar yang lebar
  • Gunakan kecerahan terendah yang masih nyaman digunakan
  • Untuk smartphone, gunakan posisi seperti membaca buku
  • Lakukan latihan pada mata
  • Pastikan kebutuhan kacamata sesuai
  • Lakukan pemeriksaan mata rutin setiap tahunnya
  • Hindari layar glare dan nuansa cahaya biru
  • Posisi duduk ergonormis

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, CVS dapat dicegah. Meskipun pandemi, tentu saja kerjaan tetap harus jalan, namun jangan sampai kesehatan matamu diabaikan ya!



Sumber:

  1. Sameena K. COMPUTER VISION SYNDROME: A SHORT REVIEW. Karnataka: Journal of Evolution of Medical and Dental Sciences; 2012
  2. American Optometric Association. Computer Vision Syndrome. USA: American Optometric Association; 2021.

Kenali Berbagai Macam Infeksi Menular Seksual dan Bagaimana Mencegahnya!

02 December 2021

Infeksi Menular Seksual (IMS) adalah berbagai infeksi yang dapat menular dari satu orang ke orang yang lain melalui kontak seksual. Semua teknik hubungan seksual baik melalui vagina, dubur, atau mulut baik berlawanan jenis kelamin maupun dengan sesama jenis kelamin bisa menjadi sarana penularan penyakit kelamin.

Read more

Kekerasan Terhadap Perempuan: Apa Yang Harus Dilakukan dan Bagaimana Mencegahnya?

25 November 2021

Kekerasan terhadap perempuan adalah setiap ??tindakan publik atau pribadi dari kekerasan berbasis gender yang telah mengakibatkan, atau kemungkinan besar dapat mengakibatkan, kesengsaraan atau penderitaan perempuan, baik secara fisik, seksual, dan/atau psikologis. Sebanyak 1 dari 5 perempuan yang berusia 15-64 tahun mengalami kekerasan setiap tahunnya di Indonesia.

Read more

Mengenal Global Developmental Delay (Keterlambatan Perkembangan Umum) Pada Anak

18 November 2021

Perkembangan buah hati adalah hal yang paling di nantikan oleh para orang tua. Namun seringkali orang tua tidak menyadari ketika buah hatinya mengalami keterlambatan perkembangan. Perkembangan setiap anak memiliki keunikan tersendiri dan kecepatan pencapaian perkembangan tiap anak berbeda, sehingga seringkali terjadi perbedaan perkembangan di antara anak yang seusia. Pada umumnya anak memiliki pola perkembangan normal yang merupakan hasil interaksi banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan anak. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih banyak mengenai Global Development Delay atau Keterlambatan Perkembangan Umum Pada Anak.

Read more