Bau Mulut Saat Puasa? Ini Solusinya!

Bau Mulut Saat Puasa? Ini Solusinya!

11 May 2019

 

Saat puasa tentunya aktivitas tetap berjalan seperti biasa, komunikasi menjadi salah satu aktivitas yang rutin kita lakukan. Namun, ada satu hal yang sering menjadi kekhawatiran bagi kita semua untuk berkomunikasi di saat berpuasa. Ya, bau mulut! Bagaimana caranya agar kita terhindar dari bau mulut saat puasa? Yuk, cari tahu solusinya!

Sahabat Permata, bau mulut ternyata bisa disebabkan oleh beberapa faktor:

  • Saat puasa, mulut menjadi kering karena tidak minum air sehingga kadar air liur dalam mulut berkurang. Air liur berfungsi untuk melumatkan makanan, menetralisir asam yang dihasilkan oleh plak serta menghilangkan sisa makanan dan sel-sel mati pada lidah, gusi, dan pipi. Sisa makanan, sel-sel mati, dan bakteri yang bertahan di dalam rongga mulut tersebut dapat menyebabkan bau mulut.
  • Saat kita berpuasa, lemak menjadi sumber energi utama tubuh karena cadangan glikogen pada hati dan otot telah habis terpakai. Penggunaan lemak tersebut menghasilkan senyawa keton yang menimbulkan aroma khas dan tercium saat kita bernapas.
  • Saat sahur maupun berbuka, makanan dan minuman yang dikonsumsi turut serta mempengaruhi bau mulut kita, khususnya makanan dan minuman yang berbau menyengat.
  • Cara menyikat gigi yang kurang tepat sehingga kurang bersih dapat pula menjadi penyebab bau mulut saat berpuasa.

Lalu, bagaimana solusi untuk cegah bau mulut saat berpuasa? Lakukan tips-tips berikut ini:

  • Membersihkan mulut secara menyeluruh

Cara membersihkan rongga mulut yang benar ternyata tidak hanya menyikat gigi saja, dilanjutkan dengan membersihkan lidah, menggunakan benang gigi, serta berkumur dengan obat kumur.

    • Menyikat gigi pada permukaan dalam, permukaan luar serta permukaan gigi untuk mengunyah menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride sehingga dapat menghilangkan plak dan sisa makanan
    • Membersihkan lidah menggunakan alat khusus atau dapat pula menggunakan pembersih lidah yang terdapat pada bagian belakang sikat gigi
    • Menggunakan benang gigi untuk dapat membersihkan bagian yang sulit dijangkau, khususnya sela-sela gigi yang menjadi tempat berkumpulnya sisa makanan dan memicu pembentukan plak
    • Berkumur dengan menggunakan obat kumur antibakteri yang tidak mengandung alkohol

Lakukan tahapan tersebut sebelum tidur setelah berbuka puasa dan setelah sahur.

  • Meminum banyak air putih saat sahur dan berbuka puasa. Minum air putih 8-10 gelas ketika sahur dan berbuka dapat membantu cegah bau mulut di siang hari karena dapat meningkatkan produksi air liur sehingga mulut terjaga kebersihan dan kelembabannya.
  • Hindari mengonsumsi makanan berbau menyengat dan mengandung kadar gula tinggi saat sahur dan berbuka. Bakteri penyebab bau mulut dapat berkembang dengan cepat jika terdapat banyak sisa gula pada rongga mulut.
  • Perbanyak makanan yang mengandung banyak serat, seperti sayur dan buah terutama yang mengandung vitamin C agar terhindar dari timbulnya sariawan.
  • Hindari merokok karena tembakau pada rokok dapat menyebabkan mulut menjadi kering dan masalah pada gusi yang pada akhirnya juga dapat mengakibatkan bau mulut
  • Rutin untuk kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk mendeteksi sejak dini serta mengatasi penyakit pada rongga mulut yang menyebabkan bau mulut.

Nah, Sahabat Permata ternyata mudah ya untuk mencegah bau mulut selama berpuasa. Lakukan tips-tips tersebut setiap hari agar meningkatkan percaya diri dalam berkomunikasi meskipun sedang berpuasa. Selamat menunaikan ibadah puasa, Sahabat Permata!

Jangan lupa, untuk kontrol gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali untuk memastikan kondisi kesehatan gigi dan mulut. Sahabat Permata dapat mengunjungi poli gigi kami pada jadwal di bawah ini:

RS Permata Depok

RS Permata Bekasi

Selain itu, Sahabat Permata dapat pula melakukan pemeriksaan rontgen gigi panoramik di RS Permata Depok untuk dapat melihat gambaran bagian dalam gigi dan gusi. Dengan menghubungi nomor yang tertera sebagai berikut:

Referensi:

  1. Narasumber drg Galuh Pratiwi
  2. Editor dr Erina Nindya Lestari
  3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15591601
  4. http://www.nhs.uk/Conditions/Bad-breath/Pages/Causes.aspx
  5. http://www.nhs.uk/Conditions/Bad-breath/Pages/Treatment.aspx
  6. http://www.webmd.com/oral-health/guide/bad-breath?page=3
  7. http://www.bbc.co.uk/bitesize/ks2/science/living_things/teeth_eating/read/1/

3 Jenis USG dan Perbedaannya

05 July 2019

Kehamilan tentunya menjadi momen yang sangat membahagiakan bagi Sahabat Permata. Terlebih Sahabat Permata pasti penasaran jenis kelamin, berat, panjang, dan rupa buah hati sambil menerka-nerka mirip Bunda atau Ayahnya yaa… Nah, saat periksa kehamilanlah Sahabat Permata dapat mengetahui itu semua melalui ultrasonografi (USG). Kini, USG telah berkembang mulai dari 2D, 3D, hingga 4D. Yuk, simak lebih lanjut seputar USG!

Read more

Kiat Sehat Menyambut Lebaran

05 June 2019

Lebaran menjadi momen untuk bersilaturahmi dan berkumpul bersama keluarga. Tak ketinggalan makanan-makanan khas Lebaran yang pastinya sudah dinanti-nanti. Hmm, bagaimana caranya tetap sehat dan menjaga pola makan di tengah menggiurkannya camilan khas Lebaran? Yuk cari tahu lewat artikel ini!

Read more

Yuk, Ajak Si Kecil Berpuasa!

24 May 2019

Di suasana Ramadhan ini, banyak hal seputar puasa yang menjadi pertanyaan Si Kecil. Mulai dari keingintahuannya mengenai sahur dan berbuka puasa, hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama puasa, dan lain-lain. Sebenarnya sejak kapan Si Kecil boleh berpuasa? Bagaimana caranya agar puasa bagi Si Kecil terasa menyenangkan?

Read more