Baby Blues: Gangguan Mood Pada Ibu Yang Baru Melahirkan

Baby Blues: Gangguan Mood Pada Ibu Yang Baru Melahirkan

26 August 2021

Baby Blues atau postpartum blue seringkali disamakan dengan depresi postpartum. Meski begitu, sebenarnya Baby Blues merupakan gangguan yang berbeda dengan depresi postpartum. Baby blue merupakan kejadian yang lebih ringan dan lebih sering terjadi. Baby Blues biasanya terjadi pada hari ke-1 sampai hari ketiga setelah melahirkan, dan dapat dikenali melalui mood swings yang tiba-tiba, tangisan tanpa sebab, mudah marah, tidak sabaran, kurang tidur, kecemasan, perasaan sendiri, dan mudah tersinggung. 

Contoh mood swings yang dialami adalah mudahnya perasaan berubah-ubah, naik dan turun seperti roller coaster. Suatu waktu orang tua merasa senang karena mengurus anaknya, namun tak lama kemudian menangis karena merasa tidak sanggup menjalankannya. Baby blues dapat terjadi pada ibu maupun ayah.

Sebanyak 60%-80% orang tua mengalami Baby Blues dan biasanya tidak membutuhkan pengobatan, sembuh dengan dukungan dan edukasi. Meski begitu, sebanyak 20% dari seluruh kasus Baby Blues berkembang menjadi Depresi Postpartum. Hal ini berbahaya, karena selain menimbulkan disfungsi sosial orang tua, juga dapat menyebabkan tidak optimalnya perkembangan anak. Penyebab terjadinya Baby Blues masih belum diketahui, namun dicurigai disebabkan oleh perubahan hormonal, faktor sosial, kondisi ekonomi, dan konflik yang dialami.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi Baby Blues adalah dengan tidur dan istirahat ketika bayi sedang tidur, konsumsi makanan yang sehat, berkeliling ke luar rumah (berolahraga, merasakan udara segar), menerima bantuan ketika ditawarkan, mencoba untuk tenang, tidak memikirkan kekhawatiran dan fokus kepada bayi. Mengunjungi ahli jiwa dan psikiater juga tentunya akan membantu penyembuhan dari Baby Blues, dan memastikan Baby Blues tidak berkembang menjadi Depresi Post Partum yang berbahaya.



https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3214451/


Anemia Pada Ibu Hamil

16 September 2021

Anemia pada ibu hamil adalah kekurangan sel darah merah atau hemoglobin pada ibu hamil dengan kadar Hb< 11 g/dL pada trimester 1, <10,5 g/dL di trimester 2, dan <11 g/dL di trimester 3. Komplikasi yang dapat disebabkan oleh anemia pada ibu hamil meliputi abruptio placenta, abortus, kelahiran prematur, dan neural tube defect.

Read more

Semua Yang Kamu Harus Tahu: Jerawat

09 September 2021

Akne Vulgaris, merupakan penyakit yang dapat sembuh sendiri. Penyakit ini terjadi ketika peradangan kronis terjadi pada folikel pilosebasea. Gejala dari penyakit ini berbagai macam, dapat berupa komedo, tonjolan pada kulit, kista, hingga tonjolan berisi nanah yang biasa disebut oleh masyarakat sebagai jerawat. Tempat terjadinya penyakit ini bermacam-macam. Namun, umumnya tempat terjadinya penyakit ini adalah pada wajah dan leher (99%), punggung (60%), dada (15%), bahu, dan tangan atas. Umumnya penyakit ini menimbulkan rasa gatal dan nyeri. Biasanya kulit berminyak lebih sering mengalami penyakit ini.

Read more