Apa itu Kanker?

Apa itu Kanker?

05 February 2020

Sahabat Permata, tahukah Anda bahwa setiap tahunnya pada tanggal 4 Februari, diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Tentu saja momen memperingati ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global di seluruh dunia terhadap penyakit kanker, pembunuh nomor 2 di dunia. Diketahui sampai saat ini, setiap tahunnya sekitar 9.6 juta orang meninggal akibat kanker. Sementara 3,7 juta kasus kanker dpaat terselamatkan dengan melakukan perawatan dan pengobatan yang tepar serta melakukan deteksi dini. Bagaimana di Indonesia? Di Indonesia, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 mencatat terjadi peningkatan prevalensi kanker dari 1,4 persen per 1.000 penduduk pada 2013 menjadi 1,8 persen per 1.000 penduduk pada tahun 2018.

Nah, tahun 2020 ini tema yang diambil dalam memperingati Hari Kanker Sedunia adalah “I Am and I Will” yang memiliki makna bahwa sekecil apapun langkah yang dilakukan, setiap orang memiliki kesempatan, memiliki kapasitas dan peran untuk mencegah kanker.

Sahabat Permata, masih banyak yang bingung apa sih sebenarnya kanker itu? Yuk, kita bahas.

Kanker adalah kondisi dimana terjadinya pertumbuhan sel yang abnormal dan tak terkendali serta menekan sel – sel yang normal. Pertumbuhan sel yang abnormal ini dapat membentuk benjolan yang umum dikenal dengan istilah tumor. Kanker dapat muncul dan tumbuh di bagian tubuh manapun, loh. Bisa bermula dari paru, payudara, usus, bahkan darah.

Penyebab Kanker

Penyebab utama dari kanker yakni mutasi atau perubahan genetik pada sel. Mutasi genetik ini akan membuat sel bertumbuh dan berkembang dengan abnormal. Sebenarnya, tubuh memiliki mekanisme sendiri yang menghancurkan sel abnormal ini, namun adakalanya mekanisme tersebut gagal dan sel abnormal akan tumbuh secara tak terkendali.

Namun, dinilai ada beberapa faktor yang memicu pertumbuhan sel kanker berbeda – beda, tergantung pada jenis kankernya. Meskipun demikian, tidak ada jenis kanker spesifik yang hanya dipicu oleh 1 faktor, namun multifaktorial.

Beberapa faktor yang berkaitan dengan kanker adalah :

  • Memilki riwayat kanker dalam keluarga
  • Berusia lebih dari 65 tahun
  • Merokok
  • Terpapar radiasi, zat kimia atau sinar matahari
  • Terinfeksi virus, seperti hepatitis B, Hepatitis C dan HPV atau infeksi lainnya
  • Mengkonsumsi obat- obat hormonal dalam kadar tinggi atau jangka panjang
  • Obesitas
  • Kurang aktivitas fisik
  • Pola makan yang tidak sehat
  • Menderita penyakit penyebab penyakit kronis
  • Penurunan kekebalan tubuh misalnya karena menderita HIV, Diabetes Mellitus

Gejala Kanker

Bagaimana kita bisa memperkirakan apakah ini kanker atau bukan? Berikut adalah gejala – gejala terkait :

  1. Muncul benjolan
  2. Nyeri di salah satu bagian tubuh
  3. Pucat, lemas dan cepat lelah
  4. Penurunan berat badan secara drastic
  5. Gangguan buang air besar/kecil
  6. Batuk kronis
  7. Demam berulang atau berkepanjnagan
  8. Perdarahan spontan atau sering memar

Kapan harus berkonsultasi ke dokter?

Ya, selain memiliki gejala tentu saja perlu dilakukan konsultasi dengan dokter bila Anda termasuk yang memiliki faktor resiko tinggi. Hal ini bertujuan untuk skrining dan deteksi dini keadaan Anda.

Bagaimana pengobatan kanker ?

Pengobatan kanker umumnya akan disesuaikan dengan kanker yang dialami oleh seseorang. Pertimbangannya biasanya berdasarkan jenis kanker, letak kanker, stadium kanker, dan kondisi pasien secara umum, hingga harapan dari pasien itu sendiri.

Metode pengobatan kanker yang umum digunakan yakni:

  • Kemoterapi

Dilakukan dengan memberikan obat – obatan yang merusak sel kanker

  • Operasi

Bertujuan untuk mengangkat jaringan kanker.

  • Radiasi

Prosedur ini memanfaatkan paparan radiasi untuk membunuh sel – sel kanker. Radioterapi ada dua jenis, yakni radiasi dari mesin yang diluar tubuh dan radiasi dari alat yang didalam tubuh (yang sengaja diimplan didalam tubuh)

  • Transplantasi sumsum tulang

Prosedur ini bertujuan untuk mengganti sumsum tulang denga sumsum donor, hinga diharapkan dapat menghasilkan sel baru yang normal

  • Imunoterapi

Sesuai namanya, bertujuan untuk memberikan terapi pada imunitas agar lebih aktif dalam melawan kanker

  • Terapi hormon

Terapi hormon dilakukan dengan memberikan perlakuan yang menurunkan aktivitas kanker yang dipicu oleh kadar hormon yang tinggi, seperti kanker prostat.

  • Targeted drug therapy

Dilakukan bertujuan unutk menghambat mutasi genetik dengan obat – obatan tertentu.

Bagaimana mencegah kanker?

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) melakukan program perilaku CERDIK untuk mencegah kanker. Bagaimanakah itu?

  1. Cek kesehatan secara berkala
  2. Enyahkan asap rokok
  3. Rajin aktivitas fisik
  4. Diet sehat dengan kalori seimbang
  5. Istirahat yang cukup
  6. Kelola stress dengan baik

Nah Sahabat Permata, ternyata kita bisa mencegah kanker, kan? Yuk, mulai untuk melakukan tips CERDIK di atas dan jalani hidup sehat sehari-hari. Sahabat Permata, di RS Permata sekarang sudah ada berbagai macam paket Pemeriksaan Kesehatan yang terjangkau loh. Yuk, segera daftarkan diri Anda di paket - paket Medical Check - Up terbaru kami. 

RS Permata Depok

 

RS Permata Bekasi

 

Editor : dr. Nindia Latwo Septipa

Sumber :

www.cancer.org/cancer

www.cdc.gov/cancer

 


All You Need To Know About Novel Corona Virus 2019

31 January 2020

Novel Coronavirus 2019 menggemparkan dunia. Awalnya diketahui berasal dari kota Wuhan, kini sudah menyebar ke lebih dari 12 negara di dunia.

Read more

Rekomendasi Aktivitas Fisik Untuk Osteoarthritis

29 January 2020

Sahabat Permata, aktivitas fisik merupakan komponen penting dalam kesehatan masyarakat. Terlebih pada pasien dengan Osteoarthritis. Namun, memilih aktivitas fisik yang tepatlah yang menjadi tantangannya.

Read more

Sayangi Ginjalmu Sejak Dini

20 January 2020

Sahabat Permata, Anda dapat membayangkan bila fungsi ginjal terganggu maka fungsi penyaringan dan pembuangan limbah juga terganggu, akan menumpuklah zat sisa limbah dan cairan dalam tubuh yang akan menyebabkan gejala pembengkakan kaki, mual, muntah, lemas, hingga sesak napas.

Read more