3 Jenis USG dan Perbedaannya

3 Jenis USG dan Perbedaannya

05 July 2019

Kehamilan tentunya menjadi momen yang sangat membahagiakan bagi Sahabat Permata. Terlebih Sahabat Permata pasti penasaran jenis kelamin, berat, panjang, dan rupa buah hati sambil menerka-nerka mirip Bunda atau Ayahnya yaa… Nah, saat periksa kehamilanlah Sahabat Permata dapat mengetahui itu semua melalui ultrasonografi (USG). Kini, USG telah berkembang mulai dari 2D, 3D, hingga 4D. Yuk, simak lebih lanjut seputar USG!

USG kandungan dilakukan dengan tujuan untuk melihat kondisi janin, rahim, air ketuban, plasenta, dan sebagainya dengan menggunakan gelombang suara. Gelombang suara tersebut dipancarkan oleh alat USG yang ditempelkan pada permukaan perut Bunda. Kemudian gelombang suara akan membentur organ-organ dalam dan dipantulkan kembali sehingga ditangkap oleh alat USG yang selanjutnya diubah menjadi sebuah gambar.

Dengan USG 2D yang terlihat hanya gambaran hitam putih saja, tak jarang Ayah Bunda menjadi bingung gambaran apa yang sedang ditampilkan dilayar. Kemajuan tekhnologi mempermudah Ayah Bunda mengerti gambaran USG bagian-bagian janin, seperti wajah, tangan, kaki, kelamin bayi, dan lain-lain dengan USG 3D. Bahkan, Ayah Bunda bisa melihat apa yang sedang bayi lakukan pada saat itu, seperti; mimik wajah, gerakkan anggota tubuh dengan USG 4D.

USG merupakan alat bantu diagnostik untuk menilai kondisi bayi, diantaranya:

  • Menentukan usia kehamilan. Hal ini sangat berguna jika Bunda lupa dengan hari pertama haid terakhir atau HPHT
  • Menilai tumbuh kembang janin dan gangguan kehamilan
  • Mendeteksi adanya kelainan pada janin

Setelah mengetahui mengenai cara kerja dan fungsi USG. Kita akan bahas perbedaan jenis-jenis USG yaa..

Inilah beberapa informasi seputar jenis-jenis alat USG :

USG 2D adalah alat standar yang digunakan oleh setiap dokter spesialis kandungan untuk menilai tumbuh kembang janin.

USG 3D adalah alat yang memberikan gambaran lebih baik layaknya melihat janin langsung di depan mata kita.

USG 4D adalah alat yang dapat memperlihatkan gambaran janin yang bergerak.

Pemeriksaan USG 3D dan 4D dilakukan saat usia kehamilan 26 hingga 30 minggu. Hal ini karena sebelum usia kehamilan 26 minggu, bayi masih terlalu bebas bergerak sehingga sulit mendapatkan foto bayi dalam keadaan diam. Sementara itu, pada usia kehamilan di atas 30 minggu, kepala bayi berada di bawah panggul Bunda sehingga sulit untuk melihat wajah bayi.

Ketiga jenis USG tersebut aman untuk dilakukan oleh Bunda. USG umumnya dilakukan empat kali, yakni satu kali di trimester satu dan dua, serta dua kali di trimester tiga. Apabila terdapat kondisi janin yang perlu dipantau dengan ketat, maka USG akan dilakukan lebih sering.

Bagi Sahabat Permata yang ingin mengetahui kondisi janin dan pergerakan yang dilakukannya, Bunda dapat melakukan pemeriksaan 4D di RS Permata Depok mulai dari Rp 560.000,00 (diluar administrasi, konsultasi, dan obat), khusus untuk member PMC mendapatkan tambahan diskon 20%! Bunda juga dapat berkonsultasi mengenai kehamilan dan hal lainnya yang ingin ditanyakan langsung dengan mengunjungi Dokter spesialis kandungan kami pada jadwal berikut ini:

RS Permata Depok:

RS Permata Bekasi

Referensi:

  1. Narasumber dr Winda Nizarwan, SpOG
  2. Editor dr Erina Nindya Lestari
  3. http://www.babycentre.co.uk/x557299/what-are-3d-and-4d-ultrasound-scans
  4. https://www.webmd.com/baby/3d-4d-ultrasound
  5. https://www.harvardpilgrim.org/pls/portal/docs/PAGE/PROVIDERS/MEDMGMT/STATEMENTS/PRENATALUS_PUBLICATION_NOPA_%20STANDARD_%20PUBLISH_CLEAN_14JUN18.PDF

Menopause, Apakah itu?

16 October 2019

Setiap wanita akan mengalami satu fase dalam hidupnya dimana terjadi perubahan secara hormonal signifikan yang menyebabkan perubahan siklus menstruasi bulanan yang berhenti. Fase ini adalah fase menopause. Nah, bagaimana cara kita menghadapi menopause, apa saja tanda seseorang mengalami menopause dan apakah mungkin terjadi lebih dini? Hal - hal seputar menopause akan dibahas di artikel ini. Yuk, simak pembahasan lengkapnya.

Read more

Sering Pilek ? Yuk, Coba Cuci Hidung

01 October 2019

Sahabat Permata, rutinitas seperti menggosok gigi dua sampai tiga kali sehari atau sehabis makan dan rutinitas lainnya, bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kita. Namun, sadarkah kita terdapat satu sistem di tubuh yang selalu berhubungan dengan dunia luar dan sangat perlu dijaga kebersihan dan kesehatannya? Ya, sistem pernapasan. Bagaimana cara menjaga nya? Yuk, simak artikel ini.

Read more

Hidung Mimisan? Jangan Panik!

25 September 2019

Sahabat Permata, mimisan merupakan keluhan perdarahan yang berasal dari hidung. Seringkali, ketika keluhan mimisan terjadi, seseorang akan panik karena mimisan yang terlihat menyeramkan. Namun, tahukah Sahabat Permata, hanya dengan beberapa langkah mandiri di rumah, Sahabat Permata bisa menangani mimisan.

Read more