[Event] Launching Buku Antiribet MPASI

[Event] Launching Buku Antiribet MPASI

14 March 2021

Halo Sahabat Permata!

Memasuki usia 4-6 bulan, asupan nutrisi bayi selain ASI harus didampingi oleh makanan lain yang disebut dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Hal ini dikarenakan, setelah berusia 6 bulan, ASI tidak lagi memenuhi 100% kebutuhan anak, melainkan hanya separuhnya saja, sehingga harus ditambahkan makanan lain. Terkadang, beberapa Ibu masih takut memberikan anaknya makanan berprotein, berlemak, atau berbumbu karena takut anaknya belum mampu mencernanya dengan baik sehingga malah nutrisi yang diberikan kurang dari kebutuhannya, atau ibu merasa ribet harus memasak MPASI sehingga memilih memberikan makanan pabrikan yang instan. Padahal, proses menyusui dan MPASI merupakan hal yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan 1000 hari pertama kehidupan, sehingga harus dilakukan dengan tepat.

Mungkin beberapa ibu berpikir bahwa memilih dan membuat MPASI ribet, tapi ternyata, memilih dan membuat MPASI tidak ribet seperti yang dibayangkan! Sahabat bisa lho membuat MPASi yang bergizi, praktis, ekonomis, dan higenis! Semua informasi tersebut dapat Sahabat dapatkan melalui buku “Antiribet MPASI”, yang ditulis langsung oleh dr. Asti Praborini, Sp.A, IBCLC, dan dr. Dyah Febriyanti, IBCLC. Keduanya adalah konselor laktasi tersertifikasi, yang telah berpengalaman dalam memberikan dan melatih pemberian MPASI untuk anak. Dr. Asti Praborini, Sp.A, IBCLC sendiri adalah salah satu dokter spesialis anak RS Permata Depok yang juga merupakan ketua tim laktasi, dan aktif mengkampanyekan pentingnya memberikan ASI dan MPASI yang tepat.

Sebagai bentuk ucapan selamat atas terbitnya buku tersebut dan sebagai usaha RS Permata Depok dalam mempromosikan kesehatan ibu dan anak, RS Permata Keluarga Husada Grup - RS Permata Depok dan RS Permata Bekasi - mengadakan Launching Buku Antiribet MPASI pada Kamis, 11 Maret 2021. Kegiatan tersebut turut didukung oleh Loubka.id, Babyculinaryid, dan Kawan Pustaka.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 10.00 WIB tersebut disambut secara antusias oleh para peserta, yang tidak hanya diikuti oleh para Bunda, tapi juga ayah, dan beberapa dokter. Kegiatan tersebut berupa talkshow dengan penulis Buku Antiribet MPASI, dr. Asti Praborini, Sp.A, IBCLC, dan dr. Dyah Febriyanti, IBCLC yang dimoderatori oleh dr. Regia Puspa Astari, CIMI (konselor laktasi RS Permata Depok), pemutaran video memasak MPASI, dan tanya jawab dari peserta mengenai MPASI. Luar biasa sekali antusiasme peserta yang tampak dari banyaknya pertanyaan yang diberikan hingga tak semuanya mampu dijawab karena terbatasnya waktu. Pada akhir kegiatan, terdapat sesi pemberian hadiah pada para peserta yang beruntung, serta quiz berhadiah.

Alhamdulillah, kegiatan berjalan dengan lancar dengan total kehadiran sebanyak 109 peserta. Kami berterima kasih kepada para penulis, moderator, seluruh peserta yang telah hadir, dan Loubka.id, Babyculinaryid, serta Kawan Pustaka. Semoga kegiatan tersebut memberikan manfaat bagi para orang tua yang sedang atau hendak memberikan MPASI.


Apakah Porsi Makanku Cukup atau Berlebih?

15 April 2021

Halo Sahabat Permata! Pola makan yang baik, sehat, dan bergizi seimbang adalah salah satu kunci menjaga daya tahan tubuh kita. Selain mencegah dari penyakit infeksi, makanan bergizi seimbang juga membantu mengoptimalkan tumbuh kembang serta mencegah kita dari penyakit-penyakit tidak menular seperti darah tinggi, penyakit gula, kolesterol, hingga stroke dan kanker. Sayangnya, saat ini dunia kita masih menghadapi masalah ganda terkait gizi, yaitu masih banyaknya kasus overweight (kelebihan berat badan) dan malnutrisi pada saat yang bersamaan. Jadi sebenarnya, bagaimana ya porsi makan yang baik?

Read more

Lemak Jahat VS Lemak Baik

08 April 2021

Halo Sahabat Permata! Tahukah Sahabat bahwa tidak semua lemak itu jahat? Kita mungkin sudah sering mendengar istilah lemak jenuh (saturated fats) dan lemak tidak jenuh (unsaturated fat), atau jika Sahabat pernah melakukan pemeriksaan kolesterol total, Sahabat akan mendapatkan hasil bertuliskan LDL, HDL, trigiliserida, dan kolesterol. Sebenarnya, siapa ya lemak baik dan lemak jahat itu? Dan siapa LDL, HDL, trigliserida, dan kolesterol?

Read more

Dampak Kesehatan Gigi dan Mulut Terhadap Keseluruhan Kesehatan

01 April 2021

Halo Sahabat Permata! Sahabat pernah sakit gigi? Mengalami gusi bengkak? Atau sesederhana kurang menjaga kebersihan gigi? Tahukah Sahabat bahwa kesehatan gigi dan mulut memiliki kaitan yang erat dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan? Yuk kita simak selengkapnya!

Read more