Anemia Pada Ibu Hamil

16 September 2021

Anemia pada ibu hamil adalah kekurangan sel darah merah atau hemoglobin pada ibu hamil dengan kadar Hb< 11 g/dL pada trimester 1, <10,5 g/dL di trimester 2, dan <11 g/dL di trimester 3. Komplikasi yang dapat disebabkan oleh anemia pada ibu hamil meliputi abruptio placenta, abortus, kelahiran prematur, dan neural tube defect.

Read more

Semua Yang Kamu Harus Tahu: Jerawat

09 September 2021

Akne Vulgaris, merupakan penyakit yang dapat sembuh sendiri. Penyakit ini terjadi ketika peradangan kronis terjadi pada folikel pilosebasea. Gejala dari penyakit ini berbagai macam, dapat berupa komedo, tonjolan pada kulit, kista, hingga tonjolan berisi nanah yang biasa disebut oleh masyarakat sebagai jerawat. Tempat terjadinya penyakit ini bermacam-macam. Namun, umumnya tempat terjadinya penyakit ini adalah pada wajah dan leher (99%), punggung (60%), dada (15%), bahu, dan tangan atas. Umumnya penyakit ini menimbulkan rasa gatal dan nyeri. Biasanya kulit berminyak lebih sering mengalami penyakit ini.

Read more

Baby Blues: Gangguan Mood Pada Ibu Yang Baru Melahirkan

26 August 2021

Baby Blues atau postpartum blue seringkali disamakan dengan depresi postpartum. Meski begitu, sebenarnya Baby Blues merupakan gangguan yang berbeda dengan depresi postpartum. Baby blue merupakan kejadian yang lebih ringan dan lebih sering terjadi.

Read more

Vaksinasi COVID-19 dan Ibu Hamil

19 August 2021

Ibu hamil memang tidak lebih rentan terinfeksi COVID-19, meski begitu ibu hamil lebih rentan mengalami gejala yang parah apabila terinfeksi COVID-19. Oleh karena itu, pencegahan infeksi COVID-19 yang adekuat sangat dibutuhkan. Pencegahan yang dapat dilakukan selain protokol kesehatan yang ketat adalah vaksinasi. Sejak tanggal 2 Agustus Kemenkes mengeluarkan surat edaran HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi COVID-19 Bagi Ibu Hamil dan Penyesuain Skrining Dalam Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 yang menyatakan bahwa vaksinasi untuk ibu hamil dibolehkan.

Read more

Kencing Manis dan COVID-19

12 August 2021

Pada tanggal 31 Desember 2019, Tiongkok melaporkan kasus pneumonia misterius yang tidak diketahui penyebabnya. Dalam 3 hari, pasien dengan kasus tersebut meningkat menjadi 44 pasien dan terus bertambah hingga saat ini berjumlah jutaan kasus di seluruh dunia. Penyebab penyakit tersebut adalah infeksi dari Sars-CoV-2.

Read more