Sehat Selama Puasa Ramadhan

Sehat Selama Puasa Ramadhan

29 May 2018

Apa yang Terjadi dalam Tubuh Ketika Berpuasa?

Ketika puasa, tidak ada asupan makanan ataupun minuman selama jam-jam tersebut. Tubuh kita akhirnya menggunakan cadangan karbohidrat  yang disimpan di otot dan liver. Jika cadangan gula sudah habis, lemak dalam tubuh kita terpakai untuk menghasilkan energy. Setelah beberapa hari puasa, tubuh kita ternyata mengeluarkan endorphin yang berdampak pada mood dan kesehatan mental. Selama puasa, ginjal kita beradaptasi dengan menahan air dalam bentuk mengurangi jumlah kencing. Kondisi ini cenderung menyebabkan dehidrasi ringan, sehingga terkadang mengalami nyeri kepala, merasa letih, serta kesulitan dalam berkonsentrasi. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena ini tidak berbahaya untuk tubuh Anda, asalkan Anda berpuasa secara sehat.

Bagaimana Tips Menjalani Puasa Secara Sehat?

  1. Mengonsumsi cukup cairan selama sahur dan berbuka, 4 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka
  2. Hindari makan asin yang terlalu banyak karena menyebabkan Anda mudah haus
  3. Konsumsi tinggi serat penting untuk dilakukan, mengingat konstipasi rentan terjadi akibat kekurangan cairan
  4. Saat berbuka, makan makanan tinggi kalori seperti makanan yang digoreng lama, krim, serta manis-manis dapat menambah berat badan.
  5. Untuk Anda yang biasa meminum miuman berkafein seperti teh dan kopi, kekurangan kafein selama puasa dapat menimbulkan nyeri kepala dan kelelahan. Namun gejala ini lama-kelamaan akan berkurang seiring adaptasi tubuh terhadap tidak adanya asupan kafein selama puasa.

Hati-hati!

Puasa memang bermanfaat untuk tubuh kita, namun tidak semua individu dapat menjalani secara penuh karena sedang dalam kondisi kesehatan yang kurang baik.

Jika selama berpuasa Anda merasa tidak kuat berdiri, pusing, serta tidak seimbang, segeralah berbuka dengan minum segelas air ditambah campuran gula dan sejumput garam di dalamnya, atau dapat pula minuman manis.

Jika seseorang di samping Anda pingsan karena dehidrasi, setelah memastikan masih teraba denyut nadi dan hembusan napas, posisikan dalam posisi terlentang, serta kaki diangkat dan disandarkan, sehingga posisi kaki lebih tinggi dari kepala. Ketika kerabat Anda tersebut sudah tersadar kembali, segera berikan cairan  seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.   

 

Selamat menjalankan ibadah puasa!

Sumber: NHS. Fasting and your health. [internet]. 2017 [cited on Mei 2018]. Available from https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/fasting-and-your-health/

 

 


LAKUKAN INI UNTUK TULANG KUAT ANDA!

24 September 2018

Selamat hari osteoporosis sedunia, Sahabat Permata! Semakin tua usia seseorang, tulangnya akan semakin sedikit, dan mengalami kerapuhan atau osteoporosis. Apalagi, kalau makanan yang dikonsumsi sehari-hari tidak mengandung kalsium yang cukup. Eits, ternyata selain makanan yang rendah kalsium, malas bergerak atau kurang olahraga juga meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis, loh! Karena menurut penelitian, kurang olahraga membuat densitas atau kepadatan tulang berkurang.

Read more

DI HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA INI, YUK LAKUKAN DIGITAL DETOX!

15 October 2018

Di zaman kekinian, tidak bisa dipungkiri bahwa smartphone yang canggih dengan berbagai aplikasi dan kemampuannya untuk menghubungkan kita ke dunia online telah menjadi teman kita sehari-hari. Mulai dari bangun tidur, di sela-sela jam belajar atau jam bekerja, hingga sebelum tidur. Berbagai macam informasi terkait edukasi, hubungan pertemanan, dan hiburan memang sangat banyak ditawarkan lewat akses smartphone, tetapi tahukah Anda bahwa terlalu lama dan terlalu banyak menggunakan smartphone dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan jiwa Anda?

Read more

CT-Scan, Alat Pemeriksaan Canggih untuk Pengobatan yang Lebih Cepat dan Tepat

08 October 2018

Apa saja kegunaan dan manfaat pemeriksaan dengan CT-Scan? Seberapa membantu kah gambaran hasil pemeriksaan CT-Scan terhadap diagnosis Dokter? Dan apa saja hal-hal yang harus diketahui oleh pasien sebelum melakukan pemeriksaan CT-Scan?

Read more