Sehat Selama Puasa Ramadhan

Sehat Selama Puasa Ramadhan

29 May 2018

Apa yang Terjadi dalam Tubuh Ketika Berpuasa?

Ketika puasa, tidak ada asupan makanan ataupun minuman selama jam-jam tersebut. Tubuh kita akhirnya menggunakan cadangan karbohidrat  yang disimpan di otot dan liver. Jika cadangan gula sudah habis, lemak dalam tubuh kita terpakai untuk menghasilkan energy. Setelah beberapa hari puasa, tubuh kita ternyata mengeluarkan endorphin yang berdampak pada mood dan kesehatan mental. Selama puasa, ginjal kita beradaptasi dengan menahan air dalam bentuk mengurangi jumlah kencing. Kondisi ini cenderung menyebabkan dehidrasi ringan, sehingga terkadang mengalami nyeri kepala, merasa letih, serta kesulitan dalam berkonsentrasi. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena ini tidak berbahaya untuk tubuh Anda, asalkan Anda berpuasa secara sehat.

Bagaimana Tips Menjalani Puasa Secara Sehat?

  1. Mengonsumsi cukup cairan selama sahur dan berbuka, 4 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka
  2. Hindari makan asin yang terlalu banyak karena menyebabkan Anda mudah haus
  3. Konsumsi tinggi serat penting untuk dilakukan, mengingat konstipasi rentan terjadi akibat kekurangan cairan
  4. Saat berbuka, makan makanan tinggi kalori seperti makanan yang digoreng lama, krim, serta manis-manis dapat menambah berat badan.
  5. Untuk Anda yang biasa meminum miuman berkafein seperti teh dan kopi, kekurangan kafein selama puasa dapat menimbulkan nyeri kepala dan kelelahan. Namun gejala ini lama-kelamaan akan berkurang seiring adaptasi tubuh terhadap tidak adanya asupan kafein selama puasa.

Hati-hati!

Puasa memang bermanfaat untuk tubuh kita, namun tidak semua individu dapat menjalani secara penuh karena sedang dalam kondisi kesehatan yang kurang baik.

Jika selama berpuasa Anda merasa tidak kuat berdiri, pusing, serta tidak seimbang, segeralah berbuka dengan minum segelas air ditambah campuran gula dan sejumput garam di dalamnya, atau dapat pula minuman manis.

Jika seseorang di samping Anda pingsan karena dehidrasi, setelah memastikan masih teraba denyut nadi dan hembusan napas, posisikan dalam posisi terlentang, serta kaki diangkat dan disandarkan, sehingga posisi kaki lebih tinggi dari kepala. Ketika kerabat Anda tersebut sudah tersadar kembali, segera berikan cairan  seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.   

 

Selamat menjalankan ibadah puasa!

Sumber: NHS. Fasting and your health. [internet]. 2017 [cited on Mei 2018]. Available from https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/fasting-and-your-health/

 

 


Kapan, ya, si kecil siap diberikan makanan pendamping ASI?

20 August 2018

Ayah-Bunda, sudahkah mengenal tanda-tanda kapan si kecil siap diberikan makanan pendamping ASI (MPASI)? MPASI harus diberikan di waktu yang tepat, dalam waktu, porsi, dan komposisi yang tepat. Cara pemberiannya juga harus tepat loh, Bun, karena MPASI yang tidak baik akan menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan si kecil yang kurang baik. Yuk, baca lebih jauh!

Read more

Osteoporosis: Cegah Sebelum Keropos

30 July 2018

Pernahkah Anda melihat kakek atau nenek sedang berjalan dengan membungkuk? Tahukan Anda bahwa salah satu penyebabnya adalah osteoporosis tulang belakang! Bagaimana cara mencegahnya? Yuk cegah sebelum keropos!

Read more

Kencing Bercabang dan Pancarannya Melemah, BPH Mengintai!

25 June 2018

Pernahkah di suatu malam, tiba-tiba Anda terbangun karena penuhnya kandung kemih Anda, sehingga timbul keinginan untuk BAK. Anda pun kemudian pergi ke toilet dan menemukan pancaran kencing yang melemah serta kencing yang bercabang. Hati-hati gejala yang Anda alami merupakan gejala BPH (Benign Prostate Hyperplasia)!

Read more