Osteoporosis: Cegah Sebelum Keropos

Osteoporosis: Cegah Sebelum Keropos

30 July 2018

Pernahkah Anda melihat kakek atau nenek sedang berjalan dengan membungkuk? Tahukan Anda bahwa salah satu penyebabnya adalah osteoporosis tulang belakang! Bagaimana cara mencegahnya? Yuk cegah sebelum keropos!

  1. Memastikan Asupan Kalsium dan Vitamin D yang Cukup

Selain penting untuk mempertahankan bentuk dan kepadatan tulang, kalsium berperan dalam kontraksi otot, penghantaran sinyal saraf, pembekuan darah, dan hal lainnya. Tulang kita mengandung 99% kebutuhan kalsium tubuh. Ketika tubuh sedang kekurangan kalsium, kalsium tulang akan diambil dan ditransfer ke darah. Bayangkan jika kadar kalsium kita tidak mencukupi kebutuhan? Kalsium tulang akan terus di-”keruk” untuk ditransfer ke darah, sehingga tulang makin keropos. Nahloh! Agar tidak keropos, rekomendasi asupan kalsium per harinya adalah 1200mg/hari (National Osteoporosis Foundation). Anda bisa mendapatkan kalsium tersebut dengan konsumsi produk berbahan susu yang rendah lemak, sarden, salmon, seta ikan yang bisa dimakan bersama tulang, dan sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli.

 

Berperan seperti sahabat kalsium, vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium di usus kita. Untuk memperkaya vitamin D, Anda dapat mengkonsumsi ikan dengan kadar lemak yang cukup tinggi (salmon, tuna), hati, kuning telur, dan keju. Kulit Anda pun secara natural membentuk vitamin D ketika terpapar sinar matahari, sehingga Anda bisa memanfaatkan sinar matahari pagi untu menabung vitamin D. Akan tetapi,  jangan terlalu berlebihan karena dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit lho!

 

  1. Latihan Fisik

Latihan fisik direkomendasikan untuk pencegahan osteoporosis . Mengapa? Karena latihan beban memaksimalkan agility (kelincahan), postur tubuh, keseimbangan, dan kekuatan untuk mencegah jatuh. Akan tetapi, jenis latihan fisik tidaklah sama pada setiap orang dan harus disesuaikan berdasarkan status kesehatannya. Pada beberapa orang, latihan fisik yang salah menyebabkan risiko jatuh dan patah tulang. Lalu, latihan fisik yang bagaimana kah yang terbaik? Menurut penelitian, latihan fisik jenis high force dan non weight bearing adalah latihan fisik paling sesuai untuk tulang paha (tempat terjadinya osteoporosis paling bayak).

Seperti otot, tulang juga butuh Anda latih. Weight bearing exercise adalah latihan yang cocok untuk menguatkan tulang. Latihan seperti apa sajakah itu?Aerobik, naik turun tangga, menari, jogging, lari, berjalan, dan yoga. Latihan kekuatan seperti angkat beban, workout dengan tali elastis, serta latihan kekuatan lainnya juga bisa Anda lakukan untuk memperkuat tulang dan otot sekaligus. Ketika Anda mengkontraksikan otot Anda, otot akan meraik tulang, sehingga kekuatan tulang pun ikut terlatih. Latihan kekuatan juga meningkatkan fleksibilitas Anda, sehingga Anda pun tidak mudah jatuh.

 

  1. Stop Rokok dan alkohol, serta kurangi soda!

Menurut penelitian, rokok dan alkohol berlebihan  tidak baik untuk kesehetana tulang. Tidak hanya untuk tulang, secara umum, rokok dan alcohol tidak baik untuk kesehatan Anda lho! Minuman berkarbonasi atau bersoda pun juga meningkatkan risiko pengeroposan tulang. Hal ini disebabkan oleh kandungan fosfat di dalam minuman berkarbonasi yang menurunkan penyerapan kalsium tubuh.

 

Ya! Itulah 3 hal yang patut Anda perhatikan untuk mencegah osteoporosis. Yuk cegah sebelum keropos dan cari tahu lebih lanjut dengan ikuti seminarnya dengan dokter spesialis kami, dr. Demy Faheem, SpOT pada Sabtu 25 Agustus 2018 di RS Permata Bekasi. See ya!

 

Sumber:
1. King JM, Clarke BL, Shandu MP. Osteoporosis Prevention, Screening, and Treatment: A Review J Womens Health (Larchmt). 2014 Jul 1; 23(7): 563–572.
2. https://www.webmd.com/osteoporosis/guide/osteoporosis-prevention#2    

LAKUKAN INI UNTUK TULANG KUAT ANDA!

24 September 2018

Selamat hari osteoporosis sedunia, Sahabat Permata! Semakin tua usia seseorang, tulangnya akan semakin sedikit, dan mengalami kerapuhan atau osteoporosis. Apalagi, kalau makanan yang dikonsumsi sehari-hari tidak mengandung kalsium yang cukup. Eits, ternyata selain makanan yang rendah kalsium, malas bergerak atau kurang olahraga juga meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis, loh! Karena menurut penelitian, kurang olahraga membuat densitas atau kepadatan tulang berkurang.

Read more

DI HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA INI, YUK LAKUKAN DIGITAL DETOX!

15 October 2018

Di zaman kekinian, tidak bisa dipungkiri bahwa smartphone yang canggih dengan berbagai aplikasi dan kemampuannya untuk menghubungkan kita ke dunia online telah menjadi teman kita sehari-hari. Mulai dari bangun tidur, di sela-sela jam belajar atau jam bekerja, hingga sebelum tidur. Berbagai macam informasi terkait edukasi, hubungan pertemanan, dan hiburan memang sangat banyak ditawarkan lewat akses smartphone, tetapi tahukah Anda bahwa terlalu lama dan terlalu banyak menggunakan smartphone dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan jiwa Anda?

Read more

CT-Scan, Alat Pemeriksaan Canggih untuk Pengobatan yang Lebih Cepat dan Tepat

08 October 2018

Apa saja kegunaan dan manfaat pemeriksaan dengan CT-Scan? Seberapa membantu kah gambaran hasil pemeriksaan CT-Scan terhadap diagnosis Dokter? Dan apa saja hal-hal yang harus diketahui oleh pasien sebelum melakukan pemeriksaan CT-Scan?

Read more