Mau Donor Darah? Ketahui Dulu Hal-hal Berikut Ini!

Mau Donor Darah? Ketahui Dulu Hal-hal Berikut Ini!

18 September 2018

Tepat di tanggal 17 September 1945, Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai organisasi sosial kemanusiaan tingkat nasional didirikan. Salah satu kegiatan yang sering diadakan oleh PMI adalah donor darah karena memang kebutuhan darah di Indonesia sangat tinggi. Lewat jargonnya #KitaSiapBantu, PMI mengajak masyarakat untuk peduli dan membantu orang lain yang membutuhkan bantuan kita.

 

Darah adalah bantuan yang dapat Anda berikan untuk menyelamatkan nyawa orang lain, seperti ibu yang sedang melahirkan, seseorang yang sedang menjalani operasi, dan anak kecil yang baru saja mengalami patah tulang dan perdarahan akibat kecelakaan. Lewat donor darah di PMI, Anda memperlihatkan kepedulian dan keinginan Anda untuk menolong orang lain.

Sebelum bisa menolong orang lain, tentu Anda harus memenuhi syarat sehat. Apa sajakah syarat tersebut?

  1. Berusia 17-65 tahun.
  2. Sehat jasmani dan rohani, tidak sedang terkena penyakit infeksi, seperti HIV, Hepatitis, dan Malaria, maupun penyakit kronis, seperti hipertensi atau darah tinggi, penyakit jantung koroner, kanker, dan diabetes mellitus.
  3. Memiliki berat badan minimal 45 kg.
  4. Tidak mengkonsumsi narkoba dan alkohol.
  5. Tidak memiliki riwayat berganti pasangan seksual.
  6. Tidak memiliki kelainan darah.
  7. Tidak sedang menstruasi.
  8. Tekanan darah minimal 100/70 mmHg.
  9. Memiliki kadar hemoglobin normal.
  10. Interval donor darah minimal 12 minggu atau 3 bulan dari donor darah sebelumnya, maksimal 5 kali donor darah dalam setahun.
  11. Interval setelah terkena penyakit tertentu sebagai berikut.
  • 1 minggu setelah sembuh dari demam, batuk, atau pilek.
  • 5 hari setelah mencabut gigi.
  • 6 bulan setelah operasi kecil.
  • 12 bulan setelah operasi besar.
  • 1 tahun setelah mendapatkan intervensi jarum suntik dan transplantasi.
  • 6 bulan setelah melahirkan.
  • 3 bulan setelah berhenti menyusui.
  • 3 bulan setelah sembuh dan bebas dari malaria.
  • 12 bulan setelah perjalanan ke daerah endemis malaria.
  • 12 bulan setelah terpapar kontak dengan pasien hepatitis.
  • 6 bulan setelah sembuh dari demam tifoid.
  • 8 minggu setelah mendapatkan vaksin.
  • 1 minggu setelah sembuh dari alergi.

 

Hal-hal yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Donor Darah

Sebelum memberikan donor darah, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan, seperti minum banyak air terutama di 3-4 jam sebelum donor darah, mengkonsumsi makanan tinggi garam di sekitar 12 jam sebelum donor darah, tidur cukup, tidak mengkonsumsi kafein (teh dan kopi), mengkonsumsi makanan tinggi besi, terutama di 3-4 jam sebelum donor darah, seperti daging merah, ikan, dan bayam, tidak mengkonsumsi makanan berlemak dan fast food, dan mencatat obat-obatan yang Anda gunakan sebelum melakukan donor darah. Apabila persiapan Anda kurang, Anda akan merasa sangat lemas dan pusing setelah donor darah karena tubuh kehilangan banyak cairan dan 3 gram garam tubuh selama proses donor darah. Ketika mendonorkan darah, Anda sebaiknya menggunakan pakaian yang longgar untuk memudahkan proses, dan membuat tubuh Anda dalam keadaan relaks. Anda boleh melakukan donor darah sambil mendengarkan musik, membaca, atau mengobrol bersama teman.

Darah yang Anda donorkan nantinya akan diproses, dipastikan bebas dari penyakit, seperti HIV, Hepatitis, dan Malaria, agar aman diberikan kepada si penerima donor darah. Setelah donor darah, Anda disarankan untuk beristirahat selama 10-15 menit sambil mengkonsumsi makanan yang disediakan oleh petugas donor darah. Anda juga tidak disarankan melakukan olahraga berat dan angkat beban selama 48 jam setelah donor darah, minum banyak air dalam 48 jam setelah donor, dan tidak disarankan untuk berdiri lama maupun terkena sinar matahari dalam waktu lama selama 6 jam setelah donor. Rokok dan alkohol juga harus Anda hindari setelah donor darah. Apabila Anda mengalami keluhan yang tidak biasa setelah donor darah, segera hubungi tenaga kesehatan terdekat.

Bagaimana, apakah Anda siap menjadi bagian dari #KitaSiapBantu? Selamat Hari Palang Merah Nasional, Indonesia! 


DI HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA INI, YUK LAKUKAN DIGITAL DETOX!

15 October 2018

Di zaman kekinian, tidak bisa dipungkiri bahwa smartphone yang canggih dengan berbagai aplikasi dan kemampuannya untuk menghubungkan kita ke dunia online telah menjadi teman kita sehari-hari. Mulai dari bangun tidur, di sela-sela jam belajar atau jam bekerja, hingga sebelum tidur. Berbagai macam informasi terkait edukasi, hubungan pertemanan, dan hiburan memang sangat banyak ditawarkan lewat akses smartphone, tetapi tahukah Anda bahwa terlalu lama dan terlalu banyak menggunakan smartphone dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan jiwa Anda?

Read more

CT-Scan, Alat Pemeriksaan Canggih untuk Pengobatan yang Lebih Cepat dan Tepat

08 October 2018

Apa saja kegunaan dan manfaat pemeriksaan dengan CT-Scan? Seberapa membantu kah gambaran hasil pemeriksaan CT-Scan terhadap diagnosis Dokter? Dan apa saja hal-hal yang harus diketahui oleh pasien sebelum melakukan pemeriksaan CT-Scan?

Read more

Lakukan Hal Ini dari Sekarang untuk Masa Tua Anda yang Lebih Sehat!

24 September 2018

Bagaimana caranya kita mempersiapkan masa tua yang sehat?

Read more