Diare Akut pada Anak, Atasi Sebelum Dehidrasi!

Diare Akut pada Anak, Atasi Sebelum Dehidrasi!

02 February 2018

Frekuensi BAB pada bayi memang lebih sering dibandingkan dengan orang dewasa. Namun, jika BAB anak Anda lebih dari 3 kali sehari dengan konsistensi encer atau lebih banyak kandungan cairannya, hati-hati itu diare!

 

Diare adalah kondisi BAB (Buang Air Besar) lebih dari 3 kali sehari dengan konsistensi encer yang berlangsung kurang dari 14 hari. Tidak hanya disebabkan oleh virus, bakteri, dan parasit, diare dapat pula disebabkan oleh  alergi makanan, intoleransi laktosa,  serta efek samping antibiotik tertentu.

 

Tidak Hanya BAB Encer

Gejala diare yang dapat timbul selain BAB yang encer dan sering meliputi:

  1. Nyeri perut
  2. Demam
  3. Kembung
  4. Terdapat darah dalam feses
  5. Kemerahan pada anus
  6. Dehidrasi: tampak haus, mata cekung, ubun-ubun teraba cekung, kulit tidak segera kembali ketika ditarik, bibir dan lidah kering, lemas, kencing berwarna lebih gelap atau berkurang, berat badan turun

 

Penanganan Umum

  1. Jika Anda masih menyusui bayi Anda, susuilah lebih sering! Susui selama 1-2 menit tiap 10 menit.
  2. Jika sudah bisa minum selain ASI, berikan tambahan cairan yang cukup
  3. Berilah oralit tiap diare. Jika tidak ada oralit, Anda bisa melarutkan 1 sendok gula dengan sejumput garam dalam 1 gelas air.
  4. Jika anak Anda sudah bisa makan, jangan berikan makanan porsi besar dalam sekali makan, melainkan porsi kecil tapi sering (small frequent feeding)
  5. Pilihlah makanan yang mudah dicerna
  6. Hindari makanan yang mengandung gula dan lemak dalam jumlah banyak
  7. Makanan asin seperti cracker asin dapat mengganti kehilangan elektrolit dalam usus Anak Anda yang terbuang karena diare
  8. Jangan berikan antibiotik sebelum dokter menginstruksikannya. Hati-hati, penggunaan antibiotik yang tidak pada tempatnya membuat bakteri kebal!
  9. Cuci tangan Anda ketika membersihkan dan membuang popok si kecil.

 

Segera Bawa ke Dokter Jika

  1. Timbul gejala dehidrasi: tampak haus, mata cekung, ubun-ubun teraba cekung, kulit tidak segera kembali ketika ditarik, bibir dan lidah kering, lemas, kencing berwarna lebih gelap atau berkurang, berat badan turun
  2. Nyeri perut yang teramat sangat
  3. Diare disertai dengan darah

 

Setelah mengetahui diare lebih detail, yuk atasi sebelum terjadi dehidrasi!

Referensi:

  1. Guandalini S. Diarrhea. [internet]. 2017[cited on March 2018]. Available from https://emedicine.medscape.com/article/928598-overview
  2. Diarrhea. [internet]. [cited on March 2018]. Available from https://www.webmd.com/children/tc/diarrhea-age-11-and-younger-home-treatment

LAKUKAN INI UNTUK TULANG KUAT ANDA!

24 September 2018

Selamat hari osteoporosis sedunia, Sahabat Permata! Semakin tua usia seseorang, tulangnya akan semakin sedikit, dan mengalami kerapuhan atau osteoporosis. Apalagi, kalau makanan yang dikonsumsi sehari-hari tidak mengandung kalsium yang cukup. Eits, ternyata selain makanan yang rendah kalsium, malas bergerak atau kurang olahraga juga meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis, loh! Karena menurut penelitian, kurang olahraga membuat densitas atau kepadatan tulang berkurang.

Read more

DI HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA INI, YUK LAKUKAN DIGITAL DETOX!

15 October 2018

Di zaman kekinian, tidak bisa dipungkiri bahwa smartphone yang canggih dengan berbagai aplikasi dan kemampuannya untuk menghubungkan kita ke dunia online telah menjadi teman kita sehari-hari. Mulai dari bangun tidur, di sela-sela jam belajar atau jam bekerja, hingga sebelum tidur. Berbagai macam informasi terkait edukasi, hubungan pertemanan, dan hiburan memang sangat banyak ditawarkan lewat akses smartphone, tetapi tahukah Anda bahwa terlalu lama dan terlalu banyak menggunakan smartphone dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan jiwa Anda?

Read more

CT-Scan, Alat Pemeriksaan Canggih untuk Pengobatan yang Lebih Cepat dan Tepat

08 October 2018

Apa saja kegunaan dan manfaat pemeriksaan dengan CT-Scan? Seberapa membantu kah gambaran hasil pemeriksaan CT-Scan terhadap diagnosis Dokter? Dan apa saja hal-hal yang harus diketahui oleh pasien sebelum melakukan pemeriksaan CT-Scan?

Read more