Diabetes Mellitus Tidak Semanis Namanya

Diabetes Mellitus Tidak Semanis Namanya

23 March 2018

Diabetes Mellitus atau sering disebut dengan penyakit gula/kencing manis adalah suatu penyakit kronik yang disebabkan oleh kekurangan insulin secara absolut maupun relatif.  Meskipun sering disebut dengan penyakit gula, penyakit ini tidak semanis namanya!

 

Apa yang Terjadi pada Tubuh Pasien yang Mengalami Diabetes?

Diabetes berkaitan dengan masalah pada hormon insulin dan gula darah. Insulin yang dihasilkan oleh sel pada pankreas berfungsi dalam memasukan gula ke dalam sel untuk digunakan sebagai sumber energi.

Pada diabetes dapat terjadi salah satu dari hal berikut:

  1. tidak dihasilkannya insulin oleh sel beta pankreas
  2. pankreas hanya menghasilkan sedikit insulin, atau
  3. tubuh resisten atau tidak berespon terhadap insulin.

Diabetes dibagi menjadi  tipe 1, 2, diabetes pada kehamilan, serta diabetes tipe lain.  Diabetes yang sering Anda dengar saat ini adalah diabetes tipe 2 yang lebih banyak terjadi dibanding tipe 1. Pada diabetes tipe 2 terjadi resistensi insulin atau masalah dalam memproduksi insulin. Pada diabetes tipe 1 terjadi ketidakmampuan pankreas menghasilkan insulin sama sekali.

 

Apa Saja Tanda dan Gejala Diabetes?

  1. Cepat lapar, cepat haus
  2. Sering kencing, terbangun saat malam karena ingin kencing
  3. Berat badan menurun tanpa penyebab yang jelas 
  4. Luka sulit sembuh
  5. Gatal
  6. Cepat lelah & mengantuk
  7. Kesemutan pada jari
  8. Penglihatan kabur

Gejala klasik diabetes sering terjadi disebut dengan 3 P, yaitu (polifagi (sering lapar), polidipsi (cepat haus), dan poliuri (banyak kencing). Apakah Anda pernah mengalaminya?

 

Komplikasi Diabetes

       Diabetes dapat berkomplikasi di  hampir setiap organ pada tubuh Anda. Komplikasi tersebut diantaranya:

  1. Neuropati perifer (nyeri, kesemutan, kebas pada ujung tangan dan kaki)
  2. Kaki diabetes (luka di kaki yang sulit sembuh)
  3. Nefropati/ gangguan ginjal
  4. Kulit kering dan gatal
  5. Gangguan pada penglihatan
  6. Hipertensi dan gangguan jantung
  7. Disfungsi ereksi
  8. Infeksi yang sering dan sulit sembuh (misal keputihan, infeksi TB)

 

Pemeriksaan Diabetes

Jika Dokter mencurigai Anda terkena Diabetes atas riwayat keluhan dan gejala yang Anda rasakan, Dokter akan memeriksakan gula darah puasa, gula darah sewaktu, test toleransi glukosa, HbA1c, serta pemeriksaan untuk melihat komplikasi yang telah terjadi (fungsi ginjal, rekam jantung, dll).

Bagaimana Pengobatan Diabetes? Diabetes memang tidak bisa disembuhkan, namun bisa dikontrol agar tetap sehat dengan menjaga kadar gula darah karena target dari terapi diabetes adalah menjaga kadar gula darah dalam ambang batas normal, sesuai target masing-masing.

Di awal, dokter akan menawari Anda perubahan pola hidup seperti aktivitas fisik/olahraga serta makan dan minum dengan indeks glikemik yang sesuai. Jika dalam waktu tertentu tidak berhasil, dokter akan mengobati Anda dengan obat pengontrol gula darah yang harus rutin Anda konsumsi.

Seringkali banyak pasien diabetes yang tidak mau mengkonsumsi obat diabetes karena takut akan dampaknya pada ginjal. Tahukah Anda, pasien diabetes yang berkomplikasi pada ginjal bukanlah akibat dari efek samping obat pengontrol gula, melainkan karena tingginya kadar gula dalam darah yang tidak terkontrol (misal karena Anda malas minum obat). Anda tidak perlu khawatir, Dokter akan rajin memeriksakan fungsi ginjal Anda. Jika ginjal Anda sudah terkena,  dokter akan mengganti obat Anda atau menawarkan suntikan insulin yang harus rutin Anda gunakan.

 

 

Referensi: Hicks R. Diabetes guide. [internet]. 2017. Available from https://www.webmd.boots.com/diabetes/guide/basics-diabetes

 


LAKUKAN INI UNTUK TULANG KUAT ANDA!

24 September 2018

Selamat hari osteoporosis sedunia, Sahabat Permata! Semakin tua usia seseorang, tulangnya akan semakin sedikit, dan mengalami kerapuhan atau osteoporosis. Apalagi, kalau makanan yang dikonsumsi sehari-hari tidak mengandung kalsium yang cukup. Eits, ternyata selain makanan yang rendah kalsium, malas bergerak atau kurang olahraga juga meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis, loh! Karena menurut penelitian, kurang olahraga membuat densitas atau kepadatan tulang berkurang.

Read more

DI HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA INI, YUK LAKUKAN DIGITAL DETOX!

15 October 2018

Di zaman kekinian, tidak bisa dipungkiri bahwa smartphone yang canggih dengan berbagai aplikasi dan kemampuannya untuk menghubungkan kita ke dunia online telah menjadi teman kita sehari-hari. Mulai dari bangun tidur, di sela-sela jam belajar atau jam bekerja, hingga sebelum tidur. Berbagai macam informasi terkait edukasi, hubungan pertemanan, dan hiburan memang sangat banyak ditawarkan lewat akses smartphone, tetapi tahukah Anda bahwa terlalu lama dan terlalu banyak menggunakan smartphone dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan jiwa Anda?

Read more

CT-Scan, Alat Pemeriksaan Canggih untuk Pengobatan yang Lebih Cepat dan Tepat

08 October 2018

Apa saja kegunaan dan manfaat pemeriksaan dengan CT-Scan? Seberapa membantu kah gambaran hasil pemeriksaan CT-Scan terhadap diagnosis Dokter? Dan apa saja hal-hal yang harus diketahui oleh pasien sebelum melakukan pemeriksaan CT-Scan?

Read more